alexametrics
Sains
Kamis, 06 Mei 2021

Wilayah Selatan Jawa Diguncang Gempa 2 Kali, Terbaru Sukabumi 5,6 SR

Gempa terjadi Sukabumi dan gempa Yogyakarta hari ini.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi gempa. (pixabay/Tumisu)
Ilustrasi gempa. (pixabay/Tumisu)

Hitekno.com - Selasa (27/4/2021) dua wilayah pantai selatan Jawa diguncang gempa. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dua gempa tersebut berpusat di perairan Samudra Hindia di dekat Yogyakarta dan Sukabumi

Gempa teranyar terjadi pada sore ini, sekitar pukul 16.23 WIB. Pusat gempa, demikian BMKG, terletak di koordinat 7.86 Lintang Selatan dan 106.87 Bujur Timur, sekira 103 km tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 14 km.

BMKG mengatakan bahwa gempa itu bermagnitudo 5,6. Belum dijabarkan apa pemicu gempa itu, tetapi dipastikan gempa tersebut tidak menyebabkan gelombang tsunami.

Lebih lanjut BMKG mengatakan bahwa gempa itu dirasakan di Sukabumi, Rangkasbitung, Bayah, Bogor, Jakarta, Tangerang Selatan, bahkan sampai ke Bandung. Beberapa warga di Depok juga mengaku merasakan getara gempa.

Ilustrasi gempa. (Pixaba)
Ilustrasi gempa. (Pixaba)

 

Belum diketahui apakah ada kerugian atau kerusakan akibat gempa Sukabumi tersebut, demikian juga tentang cedera atau korban jiwa yang ditimbulkan.

Sementara pada Selasa pagi, sekitar pukul 10.22 WIB juga terjadi gempa dengan magnitudo 4,6 di selatan Yogyakarta. Pusat gempa, seperti dibeberkan BMKG, berada di laut sekitar 91 km barat daya Gunung Kidul.

Gempa Yogyakarta itu berpusat di kedalaman 24 km dan dirasakan di Gunung Kidul, Bantul, Sleman, dan Wonogiri. Belum ada laporan kerusakan atau korban luka serta meninggal akibat fenoeman alam tersebut.

Gempa yang tak memicu tsunami ini masih belum diketahui pemicunya. Pihak BMKG juga belum merilis pemicu gempa tersebut. (Suara.com/Liberty Jemadu)

Terkait

Terkini