alexametrics
Sains
Kamis, 06 Mei 2021

Baru Ditemukan, Spesies Spon Laut Ini Diberi Nama Oleh Bocah 9 Tahun

Spons laut berwarna ungu ini diberi nama Parpal Dumplin.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi spons laut. (Unsplash/NOAA)
Ilustrasi spons laut. (Unsplash/NOAA)

Hitekno.com - Spesies baru spons laut yang baru diidentifikasi di lepas pantai utara Norfolk diberi nama oleh seorang bocah perempuan berusia 9 tahun. 

Spons laut berwarna ungu dan menyerupai pangsit tersebut diberi nama Parpal Dumplin.

Ini merupakan bagian Proyek Marine Conservation Society dari Agents of Change, meminta anak-anak menggunakan kreativitas mereka untuk memberi nama spesies spons laut yang ditemukan di hamparan kapur oleh sukarelawan penyelam, dari Seasearch satu dekade lalu.

Nama Parpal Dumplin tersebut diusulkan oleh bocah dari Langham Village School di utara Norfolk bernama Sylvie.

Para panelis yang memilih nama tersebut menyukai penamaan yang diberikan Sylvie.

Menurut Claire Goodwin, ahli spons, ia percaya bahwa Parpal Dumplin menjadi spesies baru dalam ilmu pengetahuan, dalam sub-genus spons yang dikenal sebagai Hymedesmia (Stylopus).

Parpal Dumplin. [Marine Conservation Society]
Parpal Dumplin. [Marine Conservation Society]

"Kami perlu melihat spesimen yang disimpan di museum untuk memahami berapa banyak spesies Hymedesmia (Stylopus) yang ada di Inggris dan bagaimana mereka berbeda dari spesies baru ini," kata Goodwin, dikutip dari Evening Standard, Kamis (15/4/2021).

Proyek Marine Conservation Society memberi spons tersebut nama umum yang dapat digunakan sampai memiliki nama ilmiahnya.

Spons membantu menjaga air laut tetap bersih dengan menyaring makanan dan memakan partikel kecil makanan yang mengapung.

Tercatat ada lebih dari 11.000 spesies spons berbeda di seluruh dunia.

Sementara itu, spesies spons laut, Parpal Dumplin memiliki sifat encrusting, artinya mengadopsi bentuk apa pun yang dicakupnya. Spons ini diidentifikasi di Zona Konservasi Laut Cromer Shoal Chalk Beds, Britania Raya. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini