alexametrics
Sains
Rabu, 19 Mei 2021

Heboh Penampakan Cahaya Misterius Usai Gempa Malang, Ini Tanggapan BMKG

Sempat ramai penampakan cahaya misterius yang muncul setelah gempa Malang, ini penjelasan BMKG.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo BMKG. (BMKG)
Logo BMKG. (BMKG)

Hitekno.com - Sempat heboh penampakan cahaya misterius yang diklaim muncul usai gempa Malang. Pembahasannya pun jadi ramai hingga viral di media sosial belum lamaini.

Menanggapi ramainya penampakan cahaya misterius tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan kalau tidak ada kaitannya dengan gempa Malah.

Menurut BMKG, Gempa Malang yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021) dilaporkan memiliki magnitudo 6,1.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, dalam penjelasannya di Facebook, Senin (12/4/2021) mengatakan bahwa cahaya misterius di Malang, Jawa Timur itu sama sekali tak ada kaitannya dengan gempa tektonik sebelumnya.

"Cahaya yang muncul setelah gempa Malang dipastikan tak ada kaitannya dengan gempa yang terjadi. Tidak ada hubungan antara gempa Malang dengan sinar di langit saat itu," tegas Daryono.

Viral Sinar Aneh Bak 'Lightsaber' di Langit Usai Gempa Malang. (Twitter/@Archangel_AE)
Viral Sinar Aneh Bak 'Lightsaber' di Langit Usai Gempa Malang. (Twitter/@Archangel_AE)

 

Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa gempa yang berpusat di lautan sebelah selatan Malang itu adalah adalah dinamika tektonik di dalam Bumi yang disebabkan oleh deformasi kerak Bumi.

Sementara cahaya misterius yang viral di media sosial disebar di media sosial tersebut merupakan fenomena atmosferik murni akibat adanya cahaya Matahari menerpa penghalang awan pada bagian yang lebih tipis.

"Jadi tidak perlu dikait-kaitkan karena memang tidak ada hubungannya," tegas Daryono.

Adapun gempa Malang dengan magnitudo 6,1 itu telah menyebabkan delapan orang tewas, puluhan orang luka, dan ribuan rumah serta fasilitas umum rusak.

Sementara penyebab gempa Malang adalah aktivitas lempeng di selatan Jawa, yakni lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

Itulah penjelasan BMKG yang menegaskan kalau penampakan cahaya misterius tidak ada kaitannya dengan gempa Malang kemarin. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Terkait

Terkini