alexametrics
Sains
Rabu, 19 Mei 2021

Kenapa Mumi Ini Punya Ekspresi Berteriak? Ilmuwan Ungkap Rahasianya

Setelah bertahun-tehun menjadi misteri, akhirnya terungkap juga.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)
Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)

Hitekno.com - Ditemukan mumi dengan ekspresi wajah tengah berteriak pada 1881 sila di Royal Cachette Deir El-Bahari. Bagaimana mumi ini punya ekspresi seperti itu telah menjadi rahasia bertahun-tahun.

Setelah lama menjadi misteri, akhirnya rahasia mumi ini diungkap oleh para ilmuwan yang melakukan penelitian terkait hal ini.

Saat ditemukan, mumi ini berada di sebuah situs yang biasanya menjadi lokasi para imam di dinasti ke-21 dan ke-22 dimakamkan. Selain menjadi lokasi para imam dimakamkan, lokasi ini juga digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga kerajaan.

Di lokasi yang sama ditemukan mumi seorang perempuan yang diketahui merupakan putri bangsawan. Uniknya, berbeda dari mumi lainnya, mumi satu ini nampak memiliki ekspresi berteriak.

Secara fisik, bagian mulut mumi putri ini nampak menganga seperti sedang berteriak atau menangis kesakitan. Hanya melihat bentuknya, kamu akan langsung dapat merasakan rasa sakit yang dialami mumi ini semasa hidup.

Mumi dengan ekspresi berteriak. (Cairo University)
Mumi dengan ekspresi berteriak. (Cairo University)

 

Dikutip HiTekno.com dari  The Sun, lama rasanya untuk para ilmuwan mengetahui penyebab mumi putri bangsawan ini mati dalam keadaan berteriak. Hingga penelitian terbaru akhirnya mengungkap penyebabnya.

Zahi Hawass dan Sahar Saleem, dua profesor radiologi di Universitas Kairo mengungkap penyebab kematian mumi perempuan dengan ekspresi berteriak tersebut.

Dengan menggunakan teknologi CT scan untuk memindai mumi tersebut, diketahui bahwa mumi ini meninggal akibat serangan jantung. Putri bangsawan ini rupanya terkena aterosklerosis yang mempengaruhi arterinya.

Akibat dari penyakit ini muncul penyempitan rongga dan penyumbatan pembuluh darah. Hal ini yang lalu membuatnya meninggal secara mendadak. Diprediksi jika mumi ini meninggal usai mengalami kejang dengan bentuk kaki bersilang.

Mumi dengan ekspresi berteriak. (Cairo University)
Mumi dengan ekspresi berteriak. (Cairo University)

 

Diduga kuat, tidak ada yang menolong putri bangsawan ini saat dirinya merasakan sakit luar biasa tersebut. Saat ditemukan, putri bangsawan ini sepertinya langsung dilumuri dengan pembalsem yang lalu membaut posisinya tetap sama.

Lama menjadi misteri, hasil penelitian ini seolah menjadi kabar baik dan membunuh rasa penasaran siapa saja yang mengikuti kisah mumi dengan ekspresi berteriak ini.

Itulah penjelasan ilmuwan mengenai penemuan mumi dengan ekspresi berteriak yang telah lama menjadi misteri ini. 

Terkait

Terkini