Sains
Minggu, 18 April 2021

Sukses Mendarat di Mars, Perseverance NASA Mulai Pemanasan untuk Misinya

Sudah dua minggu Perseverance mendarat di Mars, ini yang dilakukannya sekarang.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Robot Perseverance. (NASA)
Robot Perseverance. (NASA)

Hitekno.com - Perseverance, robot penjelajah NASA telah berhasil mendarat di Planet Mars sejak 18 Februari 2012. Dan kini telah bersiap untuk melanjutkan misinya di Planet Merah tersebut.

Penjelajah milik bandan antariksa Amerika Serikat (AS) ini telah menghabiskan waktu dua minggu setelah pendaratannya di Mars.

Baru-baru ini, Perseverance melakukan pemanasan dengan meregangkan lengan robotnya untuk pertama kali.

Perseverance mendarat di Planet Merah untuk mencari tanda kehidupan purba dan mengambil sampel batuan untuk dikirim kembali ke Bumi.

Namun, sebelum melakukan misi tersebut, robot seukuran mobil itu harus terlebih dahulu melakukan pemanasan dengan menguji komponennya dna memastikan tidak ada yang rusak selama pendaratan.

Robot Perseverance. (NASA)
Robot Perseverance. (NASA)

 

"Minggu ini saya telah melakukan banyak pemeriksaan kesehatan, bersiap-siap untuk mulai bekerja. Saya telah memeriksa banyak tugas dari daftar saya, termasuk tes instrumen, pencitraan, dan menggerakkan lengan," tulis akun Twitter @NASAPersevere pada 4 Maret.

Pejabat NASA mengadakan konferensi pers pada Jumat (5/3/2021) pukul 15:30 EST atau sekitar 3:30 WIB dini hari pada Sabtu (6/3/2011) untuk pembaruan resmi tentang dua minggu pertama Perseverance di Mars.

Lengan robotik yang berhasil digerakkan oleh Perseverance untuk pertama kalinya di Mars membentang dengan panjang total 2,1 meter dan terdiri dari serangkaian instrumen yang rumit.

Salah satu instrumen paling penting adalah bor yang akan mengumpulkan sampel Mars untuk dibawa ke Bumi sehingga para ilmuwan dapat melakukan pengamatan menyeluruh di laboratorium serta alat yang akan menyimpan sampel tersebut.

Dilansir dari Space.com pada Sabtu (6/3/2021), bor ini mencakup tiga bit yang berbeda, tergantung pada tugas yang dilakukan Perseverance, apakah memfasilitasi ilmu penjelaha atau mengumpulkan dan menyimpan sampel.

Robot Perseverance. (NASA)
Robot Perseverance. (NASA)

 

Lengan tersebut juga membawa tiga instrumen analitik utama yang dibutuhkan penjelajah untuk dapat bermanuver dekat dengan batuan yang telah ditargetkan.

Menguji pergerakan lengan adalah tonggak penting yang harus dicapai penjelajah dalam 30 hari pertama di Mars setelah mendarat.

Setelah fase pengujian operasional ini selesai dengan sukses, Perseverance akan mulai mempersiapkan uji penerbangan helikopter yang dibawanya ke permukaan Mars, yang dijuluki Ingenuity. Misi eksperimental itu akan melakukan penerbangan bertenaga pertama di luar Bumi.

Itulah persiapan Perseverance, robot penjelajah NASA di Planet Mars yang bersiap-siap menjalankan misinya. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini