Sains
Sabtu, 24 April 2021

NASA Unggah Pemandangan di Mars 360 Derajat dengan Kualitas 4K

Video 360 derajat ditangkap oleh kamera Navcam warna Perseverance.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Robot Perseverance. (NASA)
Robot Perseverance. (NASA)

Hitekno.com - Laboratorium Propulsi Jet NASA mengunggah tampilan interaktif 360 derajat dari situs pendaratan robot Perseverance di Mars dengan resolusi 4K. 

Ini adalah citra terbaru yang mencengangkan saat kembali dari misi, termasuk video luar biasa tentang penjelajah yang terjun melalui atmosfer Mars sebelum "skycraned" turun ke permukaan planet merah.

Dilansir laman The Verge, Minggu (28/2/2021), video 360 derajat ditangkap oleh kamera Navcam warna Perseverance yang bertengger di atas tiang penginderaan di atas penjelajah.

Adegan itu dapat dinavigasi di browser atau di aplikasi YouTube di ponsel atau TV pintar 4K Anda. Gambar-gambar itu diambil pada 20 Februari lalu, dua hari setelah Perseverance mendarat di Kawah Jezero.

Perseverance memiliki total 23 kamera, terbanyak dari semua penjelajah Mars hingga saat ini: 16 untuk teknik dan sains dan tujuh lainnya yang merekam gambar dramatis saat masuk, layak, dan mendarat.

Audio yang diambil di lokasi pendaratan oleh mikrofon Perseverance juga telah diposting ke akun Soundcloud NASA.

Misi Perseverance NASA telah mempublikasikan total 4.796 gambar mentah hingga saat ini. Perseverance mampu mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 2Mbps ke overhead pengorbit.

Penampakan Mars dengan Navcam di Perseverance. [NASA]
Penampakan Mars dengan Navcam di Perseverance. [NASA]

Pengorbit Mars kemudian menyampaikan data kembali ke Bumi menggunakan antena yang jauh lebih besar dan pemancar yang lebih kuat. Video kendaraan yang turun ke permukaan berjumlah sekitar 30GB gambar yang digabungkan menjadi satu.

Robot penjelajah Perseverance dirancang untuk mencari tanda-tanda kehidupan dan lebih memahami geologi kuno Mars. Ini akan menghabiskan setidaknya satu tahun Mars (dua tahun Bumi) menjelajahi daerah sekitar lokasi pendaratan. (Suara.com/Dythia Novianty)

Terkait

Terkini