Sains
Jum'at, 26 Februari 2021

600 Koin Perak Era Romawi Ditemukan Terkubur di Kota Yunani Kuno

Koin perak tersebut berusia sekitar 2.100 tahun.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi arkeolog. (Shutterstock)
Ilustrasi arkeolog. (Shutterstock)

Hitekno.com - Sebanyak lebih dari 600 koin perak era Romawi ditemukan arkeolog di Turki di sebuah kendi yang terkubur di dekat sungai di Aizanoi, sebuah kota Yunani kuno di Provinsi Kutahya barat, Turki.

Koin sebanyak 651 itu berusia sekitar 2.100 tahun, tapi teks dan gambar yang terukir di atasnya masih terbaca.

"Itu adalah penemuan yang sangat menarik. Sepertinya seorang prajurit berpangkat tinggi datang ke Aizanoi dan dia pasti telah mengubur koin-koin ini di sana karena suatu alasan yang belum kita ketahui," kata Elif Ozer, arkeolog di Pamukkale University, membantu menggali kendi koin.

Para arkeolog pertama kali menemukan kendi tersebut terkubur di tepi sungai pada September 2019.

600 Koin Perak Era Romawi. [Livescience]
600 Koin Perak Era Romawi. [Livescience]

Setelah memeriksanya, tim ahli mengidentifikasi 439 keping sebagai dinar atau koin Romawi kuno yang dicetak di atas perak dan 212 sebagai koin perak dari Pergamus, sebuah kota Yunani kuno yang terletak di barat laut Turki modern.

Ozer mencatat banyak koin dicetak di Italia selatan dan semua koin bertanggal antara 75 SM dan 4 SM dengan potret kaisar Romawi menghiasi koin perak.

Tak hanya itu, Caesar, Brutus, Mark Antony, dan Augustus Young juga digambarkan pada koin-koin itu dan bagian belakang setiap koin memiliki kisah yang berbeda.

Misalnya, salah satu koin menunjukkan adegan dengan Aeneas, pahlawan Trojan yang merupakan putra dewi Aphrodite dan Anchises, sepupu raja Trojan.

Adegan yang diukir pada koin, Aeneas membawa jangkar di punggungnya dan menurut Ozer, itu menggambarkan adegan terkenal dalam Aeneid Virgil di mana Aeneas membawa keluarganya keluar dari troy yang terbakar.

Usai timarkeolog menyelesaikan inventaris penemuan langka itu, para ahli akan mengirim harta karun tersebut ke Museum Peradaban Anatolian di Ankara, tempat koin akan dipajang nantinya. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini