alexametrics
Sains
Sabtu, 08 Mei 2021

Tak Sengaja, Bocah 4 Tahun Ini Temukan Jejak Kaki Dinosaurus

Temuan ini membantu para ilmuwan memperkirakan bagaimana kehidupan dinosaurus di masa silam.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi dinosaurus. (pixabay/RoyBuri)
Ilustrasi dinosaurus. (pixabay/RoyBuri)

Hitekno.com - Seorang bocah berusia empat tahun tidak sengaja menemukan jejak kaki dinosaurus saat berjalan-jalan bersama ayahnya di sebuah pantari di Wales.

Siapa sangka temuan bocah ini sangat berharga, bahkan sampai membatu para ilmuwan mempelajari bagaimana kira-kira dinosaurus ini hidup di masa silam.

Para ilmuwan percaya bahwa jejak kaki berumur 220 juta tahun, yang ditemukan oleh Lily Wilder di Bendricks Bay, Barry, dapat membantu kita lebih memahami bagaimana dinosaurus berjalan.

Tidak dapat ditentukan dengan tepat jenis dinosaurus apa yang meninggalkan cetakan, tetapi panjangnya 10 cm dan kemungkinan besar berasal dari "hewan ramping" 75 cm, yang berjalan dengan kedua kaki belakangnya dan berburu hewan kecil dan serangga.

Kurator paleontologi National Museum Wales Cindy Howells menggambarkannya sebagai spesimen terbaik yang pernah ditemukan di pantai ini.

Ilustrasi dinosaurus (shutterstock)
Ilustrasi dinosaurus (shutterstock)

 

Spesimen yang ditemukan di Teluk Bendricks di masa lalu diperkirakan berasal dari lebih banyak reptil jenis buaya daripada dinosaurus, dengan pantai yang digambarkan oleh Asosiasi Ahli Geologi Kelompok Wales Selatan sebagai "situs terbaik di Inggris untuk jejak dinosaurus Trias. Titik".

"Lily dan Richard (ayahnya) yang menemukan jejak kaki itu," kata ibu Sally Wilder dilansir laman Independent, Minggu (31/1/2021).

Lily melihatnya ketika mereka berjalan dan berkata 'lihat ayah'. Ketika Richard pulang dan menunjukkan foto itu, saya pikir itu tampak luar biasa." lanjutnya.

"Richard pikir itu terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Aku berhubungan dengan para ahli yang mengambilnya dari sana."

Izin khusus telah diterima dari Natural Resources Wales untuk secara resmi menghapus jejak kaki tersebut, dengan fosil yang diekstraksi minggu ini dan dibawa ke Museum Nasional Cardiff di mana ia akan diawetkan.

"Pengawetan yang spektakuler dapat membantu para ilmuwan menetapkan lebih banyak tentang struktur sebenarnya dari kaki mereka karena pengawetan cukup jelas untuk menunjukkan bantalan individu dan bahkan jejak cakar," kata National Museum Wales dalam sebuah pernyataan.

Itulah jejak kaki dinosaurus yang ditemukan seorang bocah 4 tahun, ternyata membantu para ilmuwan memperkirakan seperti apa di masa silam. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Terkait

Terkini