Sains
Selasa, 13 April 2021

Usai Malam Tahun Baru, Ratusan Burung Ditemukan Mati Mendadak Misterius

Usai malam tahun baru, ditemukan banyak burung mati mendadak di kawasan ini.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi burung pipit. (Pixabay)
Ilustrasi burung pipit. (Pixabay)

Hitekno.com - Ratusan burung mati secara misterius di Italia, terekam dalam beberapa video dan foto yang beredar. Dilaporkan kalau mayat makhluk kecil berbulu ini ditemukan sekitar Roma.

Beberapa orang sempat mengabadikan temuan ratusan burung mati di Roma, termasuk stasiun kereta Roma Termini, oleh orang yang lewat.

Kelompok hak hewan mengatakan, tragedi itu disebabkan kembang api yang dinyalakan pada Malam Tahun Baru yang membuat mereka takut sampai mati.

Larangan seluruh kota pada pameran oleh pejabat pada 31 Desember untuk melindungi hewan, manusia, dan properti sebagian besar diabaikan oleh orang Italia yang merayakan akhir 2020. Sebuah video direkam oleh seorang saksi yang terkejut.

"Kembang api. Ratusan unggas mati. Luar biasa. Lihat, ada berapa," ujar Diego salah seorang saksi yang merekam kejadian ini, dilansir laman Dailymail, Minggu (3/1/2021).

Ratusan burung mati mendadak usai malam tahun baru. [MSN/Storyful]
Ratusan burung mati mendadak usai malam tahun baru. [MSN/Storyful]

Dia menjelaskan, kala itu sedang bertugas melewati Cavour, jalan di dekat stasiun kereta api pusat. Awalnya tidak mengerti apa yang ada di tanah, kemudian menyadari bahwa itu adalah unggas yang mati, dan jumlahnya ada ratusan.

"Pemandangan yang sangat buruk. Saat itu sekitar 00.40 dan penyebabnya bisa jadi karena kembang api, setidaknya itu yang pertama saya pikirkan. Saya bukan ilmuwan atau dokter hewan, jadi saya tidak bisa bertanggung jawab untuk mengatakan dengan pasti bahwa itulah alasannya," jelasnya.

Organisasi Internasional untuk Perlindungan Hewan mengatakan, kembang api telah dilepaskan di lingkungan rindang yang digunakan oleh burung di dekatnya untuk bertengger.

Juru bicara Loredana Diglio berkata bahwa bisa jadi mereka mati karena ketakutan.

"Mereka bisa terbang bersama dan saling bertabrakan, atau menabrak jendela atau saluran listrik. Jangan lupa mereka juga bisa mati karena serangan jantung," katanya.

Dia menambahkan, setiap tahun pertunjukan kembang api menyebabkan kesusahan dan cedera baik pada hewan liar maupun domestik.

Beberapa orang daring mengatakan kematian yang suram adalah pertanda 2021. Lainnya, menyalahkan kota karena tidak melarang kembang api bertahun-tahun yang lalu.

Itulah laporan terbaru ditemukannya ratusan burung mati secara mendadak di Italia usai Malam Tahun Baru kemarin. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Terkait

Terkini