Sains
Kamis, 15 April 2021

Cuaca Dingin Ekstrem, Desa Ini Sampai Capai 40 Derajat Celcius

Dinginnya tempat ini malah dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Salju. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi Salju. (Pixabay/Free-Photos)

Hitekno.com - Cuaca dingin ekstrem telah melanda sebuah desa di paling ujung Utara China, yakni Desa Beihong di Kota Mohe, Provinsi Heilongjiang, China timur laut. Mengerikannya, tempat ini mencapai suhu minus 40 derajat Celsius selama musim dingin.

Periode es dan salju tahunan di Kota Mohe dapat berlangsung hingga delapan bulan. Meski suhu serendah itu, ternyata malah menghasilkan banyak fenomena alam menarik di Desa Beihong hingga memicu kreativitas warga di sana. 

Apa saja yang dilakukan penduduk di wilayah tersebut dalam menghadapi musim dingin di tempat tersebut?

Memanfaatkan periode panjang musim dingin tersebut, kota ini mengembangkan berbagai program pariwisata musim dingin seperti Arctic Plaza of China, taman pahatan es, taman hiburan es dan salju, serta wahana labirin es.

Sebagaimana melansir laman Xinhua, Kamis (31/12/2020), otoritas meteorologi China pada Senin (28/12) mengeluarkan peringatan level oranye, untuk gelombang dingin setelah perenggan dingin (cold front) yang kuat, diprediksi akan menyapu sebagian besar wilayah tengah dan timur China.

Ilustrasi salju. (Pixabay)
Ilustrasi salju. (Pixabay)

 

Menurut Pusat Meteorologi Nasional (National Meteorological Center/NMC) China, suhu di sebagian besar wilayah tengah dan timur negara itu diperkirakan akan turun hingga 10 derajat Celsius dari Senin hingga Kamis (31/12).

Sementara suhu di beberapa daerah di bagian barat laut, timur laut, utara dan selatan China diprediksi turun 12 hingga 16 derajat Celsius.

Menurut NMC, gelombang dingin akan membawa angin kencang ke daerah-daerah yang disebutkan di atas dan beberapa wilayah laut di dekat wilayah timur dan selatan China.

Pusat itu menyarankan agar masyarakat tetap waspada terhadap terpaan cuaca dingin dan angin kencang.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat berdasarkan warna, dengan merah mewakili tingkat cuaca terparah, diikuti oranye, kuning, dan biru.

Itulah fenomena cuaca dingin ekstrem dan musim dingin panjang yang melanda Desa Beihong di Kota Mohe, China yang mencapai minus 40 derajat Celsius. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Terkait

Terkini