Sabtu, 23 Januari 2021

Ditemukan Fosil Buaya Raksasa, Berukuran Sampai 5 Meter

Kini fosil buaya raksasa ini mendapatkan julukan Raja Rawa.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Buaya. (pixabay/miniformat65)
Buaya. (pixabay/miniformat65)

Hitekno.com - Para ilmuwan menemukan fosil buaya raksasa yang memiliki urukan mengagetkan. Diperkirakan kalau panjangnya lebih dari 5 meter.

Fosil buaya raksasa ini ditemukan para ilmuwan di Queensland tenggara, Australia, pada tahun 1980-an silam.

Kini, fosil tersebut secara resmi diidentifikasi dan diberi nama. Disebut Paludirex vincenti atau dikenal sebagai "Raja Rawa", fosil buaya ini memiliki fosil tengkorak berukuran sekitar 65 sentimeter.

"Buaya terbesar saat ini adalah buaya Indo-Pasifik, Crocodylus porosus, yang tumbuh dengan ukuran yang hampir sama," kata Jorgo Ristevski, ilmuwan dari Sekolah Ilmu Biologi Universitas Queensland, seperti dikutip CNET, Rabu (23/12/2020).

Namun, Ristevski menambahkan bahwa Paludirex memiliki tengkorak yang lebih lebar dan lebih berat sehingga mirip dengan buaya Indo-Pasifik yang disuntikkan steroid.

Perbandingan besar buaya dengan manusia. [Cnet]
Perbandingan besar buaya dengan manusia. [Cnet]

 

Sayangnya, para ahli masih menyelidiki bagaimana buaya kolosal yang memiliki ukuran sebesar ini bisa punah.

Tetapi para ilmuwan menduga adanya tantangan dari spesies buaya lain, seperti Crocodylus porosus dan Crocodylus johnstoni yang masih ada hingga saat ini.

Faktor lainnya yang mungkin menyebabkan kepunahan buaya purba itu juga mencakup perubahan iklim yang mengering sehingga membuat saluran air tidak lagi dapat dihuni oleh buaya sebesar itu.

Itulah fosil buaya raksasa yang ditemukan para ilmuwan bertahun-tahun silam hingga kini akhirnya mendapatkan nama Paludirex vincenti atau Raja Rawa. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini