Selasa, 26 Januari 2021

Ulang Tahun Hubble, NASA Ungkap 50 Gambar Luar Angkasa Terbaru

Untuk pertama kali, NASA memagikan gambar luar angkasa terbaru dari Katalog Caldwell.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Teleskop Hubble. (NASA)
Teleskop Hubble. (NASA)

Hitekno.com - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA telah merilis 50 gambar luar angkasa terbaru yang diproses dari katalog Caldwell. Hal ini sebagai perayaan ulang tahun Hubble dan dibagikan kepada publik untuk pertaa kalinya.

Katalog Caldwell sendiri dianggap istimewa, karena katalog tersebut hanya berisi objek-objek yang dapat diamati oleh para astronom di halaman belakang.

Dengan kata lain, gambar tersebut hanya dapat diamati oleh peneropongan personal. Menurut NASA, objek luar angkasa dapat dikatalogkan dengan berbagai cara. 

Katalog Caldwell yang disusun oleh astronom dan penulis amatir Sir Patrick Alfred Caldwell-Moore, pertama kali diterbitkan pada 1995 di Sky & Telescope.

Katalog ini dimaksudkan sebagai pelengkap katalog Messier dari 110 objek yang disusun oleh astronom Prancis Charles Messier pada abad ke-18.

Dilansir dari Science Alert, Senin (21/12/2020), Messier dikenal menyusun katalognya karena frustrasi. Ia awalnya tertarik untuk menemukan komet, tapi katalog itu berisi objek-objek mengganggu yang bukan komet dan karena itu diabaikan oleh para pemburu komet.

Namun di sisi lain, ternyata objek-objek tersebut menjadi daftar target yang sangat berguna untuk dilihat oleh astronom amatir, termasuk nebula, gugus bintang, dan galaksi terdekat.

Gambar terbaru luar angkasa dengan teleskop Hubble. [NASA]
Gambar terbaru luar angkasa dengan teleskop Hubble. [NASA]

 

Katalog Caldwell yang berisi 109 objek terdiri dari 28 nebula, 46 gugus bintang, dan 35 galaksi yang tidak termasuk di dalam katalog Messier.

Sebanyak 30 objek Caldwell ditampilkan dalam 50 gambar baru NASA, dengan beberapa objek muncul di lebih dari satu gambar.

"Karena bidang pandang rinci Hubble, beberapa fotonya tidak menangkap keseluruhan objek Caldwell, terkadang malah memperbesar gugus bintang muda di lengan galaksi spiral, bintang di pinggiran gugus, atau bintang zombie di jantung nebula," tulis Vanessa Thomas dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard di situs NASA.

Secara total, katalog Caldwell Hubble sekarang mencakup 87 dari 109 objek Caldwell. Teleskop Hubble juga telah mencitrakan 96 dari 110 objek Messier. Setiap objek di kedua katalog menyertakan panduan tampilan tentang cara melihat objek tersebut di langit.

Kedua koleksi tersebut berisi beberapa gambar yang paling menakjubkan di luar angkasa dan itu merupakan bukti dari harta tak ternilai yang dimiliki Hubble. Foto-foto lengkap dalam katalog Caldwell dan Messier dapat ditemukan di situs web NASA.

Itulah ulang tahun Hubble yang diayakan NASA dengan merilis 50 gambar luar angkasa terbaru kepada publik. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini