Sains
Kamis, 15 April 2021

Ketahui, Ini Beragam Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Berbagai ekosistem ini memiliki sumber daya yang sangat penting untuk menunjang kehidupan seluruh manusia.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi hutan. (Unsplash/Linda Söndergaard)
Ilustrasi hutan. (Unsplash/Linda Söndergaard)

Hitekno.com - Sumber daya alam adalah bagian penting dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Namun tahukan ada Sumber daya alam yang dapa diperbarui, dan tidak.

Untuk sumber daya alam yang dapat diperbarui, artinya dapat dikembangbiakkan lagi. Contohnya pohon, hewan, dan masih banyak lainnya.

Macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini berasal dari berbagai ekosistem, di mana ada ekosistem darat seperti hutan, tanah, gurun, dan tundra. Ada pula ekosistem laut seperti rawa, danau, serta sungai.

Berbagai ekosistem ini memiliki sumber daya yang sangat penting untuk menunjang kehidupan seluruh manusia. Yuk, ketahui lebih banyak tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui berikut ini.

Matahari

Sinar matahari termasuk ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui, karena sumber daya alam ini bahkan bisa dipakai secara terus menerus. Matahari memiliki energi yang bisa digunakan dengan batas tidak terhingga, sehingga matahari kerap disebut sebagai pusat galaksi bima sakti.

Sebagian besar manusia menjadikan matahari sebagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga, karena sangat ramah lingkungan. Sedangkan sebagian lagi menggunakannya untuk menghidupkan pemanas air atau pemanas ruangan.

Ilustrasi Matahari berbentuk bola api. (Pixabay/ WikiImages)
Ilustrasi Matahari berbentuk bola api. (Pixabay/ WikiImages)

 

Air dan Tanah

Air juga termasuk energi yang tidak terhingga, sehingga termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Air sangat penting keberadaannya bagi makhluk hidup, dan juga bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif seperti pembangkit listrik.

Hampir seluruh makhluk hidup di bumi ini memerlukan air untuk kehidupannya. Sementara tanah yang juga merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui juga sangat bermanfaat untuk pertanian, perkebunan, dan pembangunan.

Tumbuhan dan Hewan

Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, di mana keberadaannya terkadang harus dikembangkan oleh manusia. Terkadang tumbuhan juga bisa berkembang dengan sendirinya. Tumbuhan ini juga termasuk makhluk hidup di bumi.

Hewan darat termasuk ke dalam salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Seperti halnya tumbuhan, hewan darat bisa berkembang biak sendiri atau dikembangbiakkan oleh manusia. Hewan darat ini termasuk makhluk hidup yang keberadaannya sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia.

Selain berfungsi sebagai sumber pangan, hewan darat juga akan membantu meringankan pekerjaan manusia. Hewan air juga merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Hewan ini sudah pasti hidup di air, dan keberadaan hewan air ini hampir sama pentingnya dengan hewan darat.

Keduanya sangat dibutuhkan untuk kebutuhan pangan makhluk hidup manusia. Hewan air ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu hewan air tawar dan hewan air asin.

Angin

Angin disebut juga udara yang bergerak dan biasanya digunakan manusia untuk alternatif pembangkit listrik tenaga angin. Ada juga beberapa manusia juga menjadikannya sebagai alat pengairan. Sama seperti matahari, angin juga memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Energi alternatif dari angin ini terbilang sangat murah dan ramah lingkungan.

Masih ada beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui lainnya seperti ombak, pasang dan surut air laut, biomassa, geothermal, hingga nuklir.

Setelah mengetahui contoh-contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, kita diharapkan dapat memanfaatkan sumber daya tersebut sebaik mungkin agar ketersedian dan kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beragam Sumber daya alam yang dapat diperbarui, semoga dapat dimanfaatkan dengan baik. (Suara.com/ Rishna Maulina Pratama).

Terkait

Terkini