Rabu, 28 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Rabu, 30 September 2020 | 19:00 WIB

Hitekno.com - Bos SpaceX dan Tesla, Elon Musk baru-baru ini menyampaikan pendapat mengejutkan mengenai bahaya Matahari yang bisa saja menelan Bumi nanti di masa depan.

Bukan tanpa alasan jika Elon Musk berani berpendapat demikian. Pasalnya, menurut dirinya, kepunahan di planet bisa saja terjadi dan manusia perlu menjadi spesies yang dapat berpindah planet untuk menghindari bencana yang mungkin saja terjadi di Bumi.

Mengutip Business Insider, ide Elon Musk ini ia sampaikan dalam wawancara podcast bersama New York Times. Elon Musk menekankan bahwa dirinya tidak hanya berusaha menakut-nakuti,

Dirinya menjelaskan bahwa berdasarkan catatan fosil, banyak kepunahan terjadi dalam ribuan tahun dan penyebab kepunahan pada dasarnya adalah meteor, gunung api atau karena variasi natural iklim yang semakin parah.

Tidak dipungkiri jika suatu saat nanti, Bumi menjadi santapan nikmat untuk Matahari. Menurut Elon Musk, hal ini perlu segera dipertimbangkan dan dipikirkan di masa mendatang.

Planet Mars. (Wikipedia/NASA)

 

''Semua kepunahan itu adalah dari meteor, gunung berapi super atau karena variasi natural iklim yang menjadi sangat parah. Dan kemudian pada akhirnya, Matahari akan mengembang dan menelan Bumi,'' ungkap Elon Musk.

Pendapat Elon Musk ini jelas saja sejalan dengan teori para ilmuwan yang sepakat bahwa Matahari nantinya akan tamat dan menghancurkan Tata Surya termasuk Bumi. Namun, menurut teori tersebut, peristiwa ini bisa terjadi di 6 miliar tahun yang akan datang.

Terlepas dari pendapat para ilmuwan, Elon Musk berharap akan ada persiapan dengan meluncurkan umat manusia ke planet lain seperti yang selama ini diharapkan terjadi oleh dirinya bersama misi SpaceX.

Seperti yang diketahui, Elon Musk memang gencar menyampaikan proyek antariksa dengan ambisi utama membangun koloni manusia di Planet Mars. Perlahan tapi pasti, pengusaha ini terus berinovasi mewujudkan hal yang selama ini ia harapkan.

BACA SELANJUTNYA

Menurut Ilmuwan, Radiasi Bulan 200 Kali Lebih Tinggi Dibanding Bumi