Rabu, 28 Oktober 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 29 September 2020 | 10:30 WIB

Hitekno.com - Baru-baru ini, sebuah video TikTok yang membahas mengenai tanaman janda bolong menjadi viral. Bagaimana tidak viral, tanaman satu ini dijual dengan harga yang sangat mahal bahkan hingga ratusan juta.

Video TikTok mengenai tanaman janda bolong ini menjadi viral pertama kali usai diunggah @antoni_informasi lalu diunggah kembali ke Twitter pada Sabtu (26/9/2020) oleh akun @kementerianunyu.

Dalam video tersebut, seorang pria menjelaskan mengenai tanaman janda bolong yang dijual dengan harga mahal namun laku keras di pasaran. Untuk satu pot tanaman janda bolong dijual dengan harga Rp 100 juta, sedangkan 1 helai daun tanaman ini dihargai Rp 15 juta.

Mengenal tanaman ini, janda bolong diketahui berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman ini dikenal dengan nama ilmiah Monstera Adansonii dan Monstera Obliqua. Kedua tumbuhan ini masuk dalam keluarga Araceae atau talas-talasan.

Secara fisik, tanaman janda bolong memiliki bentuk oval dengan lubang di seluruh daunnya. Lubang pada daun ini menjadi salah satu pesona dari tanaman tersebut.

Melansir dari Suara.com, tanaman janda bolong ini memiliki warna daun yang mewah dan mengkilap sehingga dianggap mendatangkan atmosfer kesejukan hutan tropis dalam ruangan.

Dijual dengan harga yang mahal, cara perawatan tanaman janda bolong cukup mudah. Tanaman ini dapat bertahan dalam kondisi ruangan minim pencahayaan dan juga sangat tahan pada serangan hama dan penyakit tumbuhan lainnya.

Terlepas dari tampilannya yang mewah dan mudah dirawat, tidak diketahui dengan pasti mengenai kelebihan tanaman janda bolong ini. Namun, tanaman janda bolong sangat istimewa karena sangat langka ditemukan.

BACA SELANJUTNYA

Tak Memesan, Banyak Warga AS Dapat Kiriman Benih Misterius dari China