Jum'at, 23 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 28 September 2020 | 06:30 WIB

Hitekno.com - Sampah luar angkasa mulai meresahkan, bahkan untuk astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang terpaksa melakukan manuver darurat untuk menghindari tabrakan.

Pada Selasa (22/9/2020), astronot di stasiun luar angkasa ini memutuskan untuk bergerak cepat demi menghindar sebongkah sampah luar angkasa.

Sampah atau puing-puing luar angkasa itu harus lewat dalam beberapa kilometer dari stasiun, tetapi demi keamanan, lintasan ISS diubah untuk memindahkannya lebih jauh dari puing-puing.

Menurut keterangan NASA, ada tiga astronot yang berada di dalam ISS, di mana dua asal Rusia dan seorang astronot Amerika Serikat. Ketiganya berlindung ke pesawat ruang angkasa Soyuz ketika manuver dimulai.

Pengendali memindahkan stasiun dengan menembakkan pendorong pada pesawat ruang angkasa kargo Russian Progress, yang berlabuh di modul layanan Zvezda laboratorium yang mengorbit.

Stasiun luar angkasa. [Shutterstock]

 

Untungnya, manuver dilakukan dengan sukses dan para astronot di ISS aman terhindar dari sampah luar angkasa.

"Manuver Burn selesai. Para astronot keluar dari tempat yang aman," kata Administator NASA, Jim Bridenstine di Twitter, seperti dikutip Science Alert, Jumat (25/9/2020).

ISS mengorbit kira-kira 420 kilometer di atas Bumi dengan kecepatan sekitar 17.130 mil per jam. Dengan kecepatan seperti itu, bahkan benda kecil pun dapat merusak panel surya atau aspek lain dari stasiun.

Menurut Space.com, sampah luar angkasa adalah masalah yang berkembang di orbit Bumi. Hampir 129 juta keping puing-puing tersebar di sekitar Bumi saat ini dan 34.000 di antaranya berukuran lebih dari 10 sentimeter.

Bridenstine menambahkan dalam cuitan terbarunya bahwa ISS telah bermanuver sebanyak tiga kali pada 2020 untuk menghindari puing-puing dengan total 25 manuver telah dilakukan antara 1999 dan 2018.

Itulah manuver darurat yang terpaksa dilakukan astronot stasiun luar angkasa ISS demi menghindari sampah luar angkasa. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Siap Pulang ke Bumi, Astronot Mulai Latihan Pakai Masker di Luar Angkasa