Sabtu, 24 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 18 September 2020 | 06:30 WIB

Hitekno.com - NASA mengabarkan akan ada dua asteroid yang melintas dekat Bumi sekitar Senin (14/9/2020). Namun tenang, bebatuan luar angkasa ini lewat dengan aman dan tidak membahayakan planet kita.

Menurut Pusat Studi Objek Dekat Bumi di Jet Propulsion Laboratory NASA, batu antariksa pertama adalah asteroid seukuran bus bernama 2020 RF3, melesat melewati Bumi dengan jarak 94.000 kilometer.

Beberapa jam kemudian, asteroid 2020 RD4 yang lebih kecil dengan ukuran mobil melintas dengan jarak 106.000 kilometer. Virtual Telescope Project Italia juga menyelenggarakan siaran langsung untuk pendekatan 2020 RD4.

Asteroid umumnya mendekati Bumi berkali-kali dalam setahun karena jumlahnya ribuan di tata surya. NASA dan jaringan teleskip mengawasi dengan cermat setiap batuan antariksa berbahaya melalui entitas seperti Kantor Koordinator Pertahanan Planet NASA. Untungnya, tidak ada ancaman langsung ke Bumi yang ditemukan.

Ada beberapa contoh asteroid yang tercatat menyebabkan kerusakan selama sejarah Bumi, itulah sebabnya para ahli antariksa mengawasi langit.

Asteroid 2020 RD4. [Virtualtelescope.eu]

 

Selain mengamati benda-benda yang mengancam, astrofisikawan juga mempelajari asteroid untuk menganalisis lebih lanjut tentang bagaimana awal tata surya terbentuk. Asteroid dan komet adalah sisa-sisa lingkungan kosmik sebelum sebagian besar materi bergabung menjadi planet dan bulan seperti saat ini.

Dilansir dari Space.com, Kamis (17/9/2020), para ilmuwan secara teratur mempelajari asteroid dengan teleskop dan jika memungkinkan, menggunakan data pesawat luar angkasa untuk melengkapi pemahaman.

Misi yang melibatkan asteroid di masa mendatang mencakup OSIRIS-REx yang dijadwalkan akan meluncur ke asteroid Bennu pada 20 Oktober dan kembali membawa sampelnya ke Bumi pada September 2023.

Sementara itu, Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) memiliki misi asteroidnya sendiri, dengan Hayabusa 2 yang sedang dalam perjalanan dari asteroid Ryugu untuk pulang ke Bumi pada 6 Desember.

Itulah laporan NASA yang mendapati ada dua asteroid bakal melintas dekat dengan Bumi namun tidak membahayakan. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

NASA Tak Sadar Temukan Fosfin di Venus 42 Tahun Lalu