Kamis, 01 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Jum'at, 11 September 2020 | 17:15 WIB

Hitekno.com - Pemandangan tidak biasa baru-baru ini terjadi di wilayah Bay Area, California Utara. Secara tiba-tiba, langit di daerah ini berubah menjadi oranye yang membuatnya nampak mirip Planet Mars.

Bukan karena fenomena khusus, rupanya berubahnya warna langit California ini disebabkan oleh asap tebal yang terjadi pada Kamis (10/9/2020) lalu. Asap tebal ini rupanya terjadi akibat kebakaran liar yang terjadi di daerah tersebut.

Melansir dari CNN, langit oranye ini tidak hanya terjadi di California namun melebar hingga San Fransisco, Oakland, hingga Berkeley. Menyusul langit oranye ini ada hujan abu di daerah tersebut.

Judson Jones selaku meteorolog yang meneliti hal ini, perubahan warna di langit California ini disebabkan oleh tebalnya asap dan abu di dekat kebakaran hutan di lokasi ini.

Asap dan abu yang tebal ini lalu memotong sinar Matahari hingga langit kemudian bisa berubah menjadi warna oranye seperti yang nampak di California.

Langit California berubah jadi oranye. (twitter/NYGovCuomo)

 

Lebih lanjut partikel di udara membiaskan sinar Matahari, hal ini sama dengan proses terjadinya Matahari terbenam dan Matahari terbit.

Partikel-partikel ini yang lalu membuat panjang gelombang biru dan hijau yang lebih pendek. Sedangkan panjang gelombang merah dan kuning menjadi lebih panjang dan melewati dasar.

Bersama langit yang menjadi orange ini, muncul asap sisa kebakaran yang mengganggu dan mempengaruhi kualitas udara di daerah ini hingga menjadi tidak sehat.

Langit California berubah jadi oranye. (twitter/NYGovCuomo)

 

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa warna langit oranye ini merupakan gabungan dari kebakaran Creek dan kebakaran Kompleks Utara yang terjadi di California. Kebakaran ini membuat 18 ribu hektar lahan menjadi hangus.

Hingga kini, belum diketahui dengan pasti mengenai penanganan yang akan dilakukan pemerintah untuk menangani langit California yang berubah menjadi oranye ini.

BACA SELANJUTNYA

Air Terjun dari Langit Bikin Geger, Netizen: Jangan Nyebar ke Grup Keluarga