Sabtu, 26 September 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 10 September 2020 | 18:58 WIB

Hitekno.com - Jika kamu memperhatikan sekilas, buaya langka ini tampak terselimuti tanaman rawa berwarna cokelat. Namun tunggu dulu, bukan tanaman atau lumpur, namun punggung buaya tersebut sedang menggendong puluhan anaknya.

Tak hanya puluhan, bahkan jumlah anak di sekitarnya diperkirakan mencapai angka 100.

Jika kita cukup merasa ngeri melihat hal tersebut, namun itu adalah kabar menggembirakan bagi konservasionis.

Buaya yang ada di dalam foto adalah Gharial atau pemilik nama ilmiah Gavialis gangeticus. Ini adalah spesies buaya langka pemakan ikan yang jumlahnya di alam liar diperkirakan kurang dari 1.000 ekor.

Oleh IUCN Red List, Gharial masuk dalam kategori Critically Endangered atau Sangat Terancam Punah. Jumlah mereka sekitar 5 ribu hingga 10 ribu ekor di tahun 1946 namun menyusut signifikan menjadi ratusan ekor di tahun 2006.

Ilustrasi buaya langka Gharial. (Pixabay/ Bishnu Sarangi)

 

Banyak yang berharap bahwa puluhan anak buaya Gharial yang tertangkap di dalam foto berhasil mencapai tahap dewasa sehingga jumlah mereka semakin terselamatkan.

Foto menakjubkan ini diambil oleh fotografer bernama Dhritiman Mukherjee di perairan National Chambal Sanctuary, India sebelah utara.

Ia mendeskripsikan bahwa itu adalah foto di mana buaya menunggu puluhan anaknya agar memanjat punggung untuk "perjalanan" yang aman.

Karya milik Dhritiman Mukherjee merupakan salah satu foto yang mendapatkan kriteria "Sangat Dipuji" yang diberikan pada kompetisi Wildlife Photographer of the Year dari Natural History Museum of London.

Pemenang Wildlife Photographer of the Year akan diumumkan pada 13 Oktober mendatang. Gharial dapat berukuran panjang hingga 15 kaki (4,5 meter) dan berat lebih dari 2.000 pon. (900 kilogram).

"Buaya lain menggendong anak mereka di dalam mulut. Tapi untuk Gharial, morfologi moncong yang tidak biasa berarti hal tersebut tidak mungkin dilakukan. Jadi yang muda harus berpegangan pada kepala dan punggung untuk perlindungan jarak dekat," kata Patrick Campbell, kurator senior di Natural History Museum kepada BBC.

Dikutip dari Live Science, Gharial sangat terancam punah, dengan 650 spesies dewasa tersisa di air tawar India dan Nepal.

Mukherjee mengaku membutuhkan waktu berminggu-minggu di National Chambal Sanctuary India untuk menghasilkan bidikan menakjubkan tersebut. Gharial di dalam foto diketahui telah dikawinkan dengan tujuh atau delapan betina agar menghasilkan puluhan anak.

National Chambal Sanctuary India memiliki sekitar 500 spesies dewasa buaya langka Gharial. Untuk melihat karya menakjubkan dari Mukherjee, kalian bisa mengunjungi akun Instagram resminya melalui link ini.

BACA SELANJUTNYA

Dijuluki "Tupai Vampir", Hewan Ini Punya Kebiasaan Makan Unik