Minggu, 27 September 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 31 Agustus 2020 | 20:00 WIB

Hitekno.com - Bagaimana penampakan kilatan petir saat badai jika dilihat dari luar angkasa, bagaimana dibandingkan dengan dari daratan? Ternyata terlihat lebih menakjubkan.

Potret kilatan petir saat badai ini diambil dari stasiun luar angkasa pada 12 Januari 2015 silam. Saat itu sedang ada badai di atas Samudera Hindia.

Ada pula penemuan galaksi misterius oleh badan antariksa Amerika Serikat, NASA. Menariknya, disebut berbentuk mirip pesawat Pesawat Darth Vader dari Star Wars.

Tak hanya itu, penemuan galaksi misterius ini disebutkan sebagai galaksi aktif. Kenapa? Karena masih memancarkan lebih banyak cahaya dibandingkan bintang lainnya.

Kabar mengenai potret kilatan petir saat badai dan penemuan galaksi misterius mirip Pesawat Darth Vader dari Star Wars termasuk dalam berita terkini yang sedang ramai.

Lebih lanjut dan jelasnya, berikut empat berita terkini yang sedang ramai pilihan HiTekno.com untuk hari ini, Senin (31/8/2020).

1. Mirip Thor, Potret Kilatan Petir Saat Badai Ini Bikin Takjub

Potret kilatan petir saat Badai Bansi. (twitter/semestasains)

 

Akun Twitter @semestasains baru-baru ini mengunggah potret kilatan petir di tengah Badai Bansi yang terjadi pada tahun 2015 lalu. Membuat takjub, kilatan petir di tengah badai ini lalu disamakan dengan kemunculan hero Avengers, Thor.

Diambil dari Stasiun Luar Angkasa ISS, nampak awan hitam tebal yang melingkar di atas langit Samudera Hindia. Tepat di tengah-tengah pusat badai ini nampak lingkaran misterius dengan cahaya yang menyala-nyala.

Baca selengkapnya...

2. Mirip Pesawat Darth Vader dari Star Wars, NASA Temukan Galaksi Misterius

Ilustrasi galaksi. (pexels/pixabay)

 

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA telah menemukan galaksi misterius yang aktif. Menariknya, dari kejauhan disebut-sebut mirip dengan pesawat Darth Vader dalam film Star Wars.

Galaksi misterius tersebut adalah TXS 0128 + 554 berjarak 500 juta tahun cahaya di konstelasi Cassiopeia. Dianggap sebagai galaksi aktif, karena memancarkan lebih banyak cahaya daripada bintang lainnya.

Baca selengkapnya...

3. Ilmuwan Temukan Titik Leleh Lapisan Es Tercepat di Antartika

Ilustrasi Antartika yang penuh dengan salju. (Pixabay/ michelle2214)

 

Para ilmuwan menemukan palung bawah air yang dalam di Antartika, tempat ini juga sebagai titik leleh lapisan es terepat. Tentu saja hal ini akan menyebaban malapetaka melelehnya lapisan es di benua tersebut.

Palung ini terletak ratusan kaki di bawah Shirase Glacier (Gletser Shirase) di Antartika Timur, yang tampaknya menyalurkan air laut hangat langsung ke dasar lapisan es gletser, yang dikenal sebagai Shirase Glacier Tongue (Lidah Gletser Shirase).

Baca selengkapnya...

4. Ilmuwan Ungkap Penampakan Embrio Dinosaurus untuk Pertama Kalinya

Ilustrasi dinosaurus pemakan tumbuhan. (Pixabay/ Dariusz Sankowski)

 

Penelitian terbaru menggambarkan tengkorak embrio dinosaurus yang hampir utuh. Hal ini  yang memberikan wawasan berharga tentang perkembangan sauropoda, sekelompok dinosaurus pemakan tumbuhan yang dikenal dengan lehernya yang sangat panjang, ekor panjang, kepala kecil, dan kaki yang tebal.

Ilmuwan mengatakan embrio dinosaurus tersebut kemungkinan besar adalah  titanosaurian, kelompok sauropoda kolosal yang dinamai Titans dan merupakan salah satu vertebrata terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Baca selengkapnya...

Itulah empat berita terkini yang sedang ramai, mulai dari potret kilatan petir saat badai hingga penemuan galaksi misterius.

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: Apple Watch SE, iPad Air Baru, dan Lenovo ThinkBook Plus