Selasa, 22 September 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Senin, 24 Agustus 2020 | 19:00 WIB

Hitekno.com - Salah satu satelit milik Amerika Serikat baru saja mengungkap gambar langkah mengenai keberadaan kapal selam nuklir milik China yang berada di dasar Laut China Selatan.

Dari kemunculannya ini, berbagai spekulasi menyeruak terkait China yang tengah membangun fasilitas bawah air dengan persenjataan lengkap.

Melansir dari CNN, foto satelit yang mengungkap keberadaan kapal selam nuklir milik China ini pertama kali diunggah ke akun media sosial Radio Free Asia. Foto tersebut rupanya milik perusahaan Amerika Serikat, Planet Labs.

Berdasarkan penampakannya, kapal selam milik China ini bertenaga nuklir Type 093 yang tertangkap kamera satelit tengah memasuki terowongan di bawah Pangkalan Angkatan Laut Yulin.

Mengenai kemunculan kapal selam nuklir milik China ini, Drew Thompson selaku mantan pejabat Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyebut bahwa hal ini sangat jarang terjadi.

Kapal selam nuklir milik China. (Planet Labs)

 

Lebih lanjut, Drew Thompson menjelaskan bahwa foto satelit ini berhasil ditangkap dalam waktu yang tepat saat tidak terhalang awan sama sekali.

''Itu foto yang tidak biasa, satelit komersial berada di atas pada waktu yang tepat tanpa terhalang awan,'' ungkap Drew Thompson dikutip dari CNN.

Drew Thompson menyebutkan bahwa kemungkinan Pangkalan Angkatan Laut ini juga mengembangkan sejumlah persenjataan super lengkap seperti rudal jarak jauh hingga misil bawah laut.

Ilustrasi. (pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

 

Walaupun begitu, Drew Thompson tidak mengaitkan armada kapal selam ini dengan perang dan sinyal khusus, menurutnya hal tersebut hanya merupakan persiapan dari Angkatan Laut.

Hingga artikel ini dibuat, belum ada konfirmasi apapun dari pihak China mengenai kemunculan kapal selam nuklir milik China yang nampak dari foto satelit Amerika Serikat ini.

BACA SELANJUTNYA

Tiru Produk Ternama, Begini Wujud Merek KW di China