Jum'at, 04 Desember 2020

Bathynomus Raksasa, Serangga Terbesar yang Ditemukan di Laut Indonesia

Dinamakan Bathynomus raksasa, hewan laut ini berukuran rata-rata sekitar 13 inci.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)
Ilustrasi laut. (pexels/Kellie Churchman)

Hitekno.com - Ilmuwan telah menemukan makhluk laut mirip serangga raksasa yang dapat tumbuh besar. Bahkan bisa sampai sebesar anak anjing ukurannya.

Serangga ini disebut paling besar yang pernah dilihat. Krustasea ini dikenal sebagai isopoda dan ukurannya dapat berkisar dari hanya beberapa milimeter hingga hampir 20 inci.

Dari isopoda penghuni laut, genus Bathynomus merupakan spesies terbesar dan penemuan kali ini merupakan spesies Bathynomus terbesar yang pernah dilihat di alam liar.

Dinamakan Bathynomus raksasa, hewan laut ini berukuran rata-rata sekitar 13 inci. Ini adalah spesies isopoda raksasa baru pertama yang dideskripsikan dalam lebih dari satu dekade dan merupakan yang pertama dari raksasa isopoda yang ditemukan di perairan dekat Indonesia.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration, baik berukuran atau kecil, semua isopoda memiliki banyak fitur tubuh, seperti empat set rahang, mata majemuk, dua set antena, dan tubuh tersegmentasi menjadi tujuh bagian dengan masing-masing memiliki sepasang kaki sendiri.

Dari enam belas spesies Bathynomus yang dideskripsikan sebelumnya, tujuh di antaranya dianggap "super raksasa" dengan dewasa berukuran lebih dari 6 inci dan tumbuh menjadi 12 inci atau lebih, menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Zookeys pada 8 Juli.

Para ahli mengidentifikasi Bathynomus raksasa selama Ekspedisi Keanekaragaman Hayati Laut Dalam Selatan Jawa, di mana para ilmuwan berhasil mengumpulkan dua spesimen, yaitu jantan dan betina di lepas pantai selatan Jawa, tepatnya di kedalaman laut antara 950 dan 1.260 meter.

Bathynomus [livescience]
Bathynomus [livescience]

 

Bentuk unik dari pelindung kepala dan segmen perut Bathynomus raksasa serta sejumlah besar duri di perutnya menunjukkan bahwa makhluk raksasa itu adalah spesies yang baru.

Selama ekspedisi tahun 2018, para ilmuwan sangat antusias untuk menemukan isopoda Bathynomus laut dalam, sebuah genus yang terkadang disebut sebagai Darth Vader of the Seas karena mungkin bentuk kepala hewan itu yang menyerupai helm Sith Lord dalam film Stars Wars.

Setelah menemukan jenis isopoda itu, Museum Sejarah Alam Kong Chian mengunggah foto di Instagram tahun lalu yang memperlihatkan spesialis koleksi museum dan anggota ekspedisi Muhammad Dzaki Bin Safaruan mengangkat isopoda raksasa saat berada di kapal penelitian Indonesia Baruna Jaya VIII.

"Identifikasi spesies baru ini merupakan indikasi betapa sedikitnya ilmu yang kita ketahui tentang lautan. Tentu masih banyak yang bisa kami eksplorasi dalam kaitannya dengan keanekaragaman hayati di laut dalam di wilayah kami," kata Helen Wong, rekan penulis penelitian dan ilmuwan di Laboratorium Kelautan Nasional Pulau St. John, seperti dikutip Live Science pada Sabtu (22/8/2020).

Tim ilmuwan lain pada tahun 2019 pun menangkap bukti langka dari perilaku isopoda laut dalam.

Video bawah air yang direkam menunjukkan sekelompok serangga laut raksasa ini saat membelah dan memakan bangkai aligator yang memang sengaja ditenggelamkan oleh para ilmuwan di Teluk Meksiko untuk mengamati bagaimana penghuni dasar laut dapat mengonsumsi makanan.

Itulah penemuan Bathynomus Raksasa, serangga terbesar yang hidup di laut Indonesia. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini