Senin, 28 September 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 19 Agustus 2020 | 06:00 WIB

Hitekno.com - NASA sepertinya tidak akan berhenti memberikan pemandangan-pemandangan menakjubkan dan mempesona dari luar angkasa untuk manusia di Bumi. Terbaru, NASA tangkap dua fenomena Bumi yang jarang dilihat ini.

Berdasarkan keterangan resmi NASA, dua foto fenomena Bumi yang mempesona ini diambil saat ISS sedang terbang di atas selatan Semenanjung Alaska. Fenomena Bumi ini menampilkan atmosfer dalam wujud yang berbeda dari biasanya.

Fenomena Bumi yang pertama adalah aurora dengan cahaya hijau yang pekat serta ujung merah di bagian kiri. Biasanya, aurora terjadi saat partikel berumatan angin Matahari menghantam bagian magnetosfer Bumi.

Menghantam jubah pelindung tersebut dan bercampur dengan gas atmosfer seperti oksigen dan nitrogen, fenomena ini lalu menghasilkan warna luar biasa yang selama ini dikenal sebagai aurora.

Melansir dari Science Alert, warna merah dari potret aurora ini merupakan energi berlebih sedangkan warna hijau merupakan oksigen tereksitasi atau molekul nitrogen yang melepaskan energi yang lebih rendah.

Ilustrasi Bumi. (pexels/pixabay)

 

Di sisi kanan, cahaya kuning dan merah di atas kurva planet nampak airglow yang indah. Airglow ini memiliki kadar cahaya yang lebih halus dari aurora. Kadar cahaya halus ini membuat aurora semakin indah dipandang.

Pada foto yang kedua, nampak oksigen siang hari yang melepaskan energi ekstra sebagai foton di malam hari. Kadar foton yang dilepaskan ini lalu menimbulkan cahaya hijau di permukaan Bumi.

Biasanya warna ini dipengaruhi oleh meteor yang pecah di lapisan atmosfer dan melepaskan atom natrium ke udara yang tereksitasi dan kemudian menghasilkan cahay yang mencolok.

Fenomena Bumi dari ISS. (NASA)

 

Catatan penting dari dua foto ini adalah warna Bumi secara keseluruhan yang nampak biru. Hal ini disebabkan oleh Matahari yang terbit dari belakang Bumi. Sinar Matahari biasanya mengenai molekul di atmosfer dan kemudian tersebar.

Membuat takjub siapa saja, foto dua fenomena Bumi yang mempesona ini jelas saja menjadi hal baru untuk manusia di Bumi yang jarang melihat hal tersebut. Foto ini lalu dipamerkan dan diunggah ke laman resmi NASA.

BACA SELANJUTNYA

Sistem Peringatan Dini Gempa Bumi dari UGM, Diklaim Bisa Deteksi Sebelumnya