Selasa, 20 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 16 Agustus 2020 | 07:30 WIB

Hitekno.com - Para ilmuwan telah mengklaim kalau mereka tak lama lagi akan menemukan bukti kehidupan alien cerdas di alam semesta.

Setidaknya mereka membutuhkan waktu beberapa dekade mendatang untuk membuktikan adanya alien cerdas.

Astrofisikawan Dr Garik Israelian mengatakan, ia berharap para ahli menemukan makhluk luar angkasa atau alien yang cerdas dalam hidupnya.

Selain itu, kemungkinan para ahli akan mendeteksi mikroba dari dunia lain, seperti di Mars, dalam dekade berikutnya.

"Saya pikir kita akan menemukan kehidupan cerdas dalam hidup kita. Setidaknya, kita akan menemukan tanda yang jelas (bukti kehidupan) yang berasal dari kehidupan berakal. Ini adalah jenis penemuan yang akan mengguncang umat manusia," kata Dr Israelian, seperti dikutip The Sun, Rabu (12/8/2020).

Dr Israelian juga mengomentari peluncuran penjelajah Mars baru Perseverance milik NASA, yang akan mendarat di permukaan Mars pada Februari mendatang dan menggali bongkahan tanah serta batu untuk mencari mikroba asing.

Banyak ilmuwan percaya, planet Mars adalah rumah bagi mikroba kecil miliaran tahun lalu. Beberapa orang berpikir, Planet Merah mungkin masih menjadi tempat kehidupan saat ini.

Ilustrasi alien di dalam kendaraannya. (Pixabay/ Pawel86)

 

Menurut Dr Israelian, Perseverance memiliki peluang untuk menemukan bukti alien, meskipun kemungkinan besar berlawanan.

"Perseverance memiliki peluang 10 persen untuk menemukan mikroba di Mars. Ini murni spekulatif, tapi angka yang bagus, sungguh," kata peneliti Institute of Astrophysics of Canary Islands.

Beberapa ahli, termasuk bos SpaceX Elon Musk, percaya bahwa manusia dapat membuat Mars layak huni dengan mengubah atmosfernya.

Dr Israelian menambahkan, beberapa menyarankan agar para ilmuwan melepaskan gas di Planet Merah untuk menciptakan efek rumah kaca.

Sementara yang lain menyarankan agar para ahli menghangatkan planet tersebut sebagai bagian dari proses yang disebut "terraforming".

Misi tersebut secara artifisial akan memberi Mars atmosfer dan membantu iklimnya kembali ke keadaan yang berpotensi memungkinkan kehidupan tumbuh di sana sejak lama.

Sementara gagasan itu mendapatan kritikan keras, Dr Israelian berpikir, umat manusia kemungkinan besar akan berpaling pada Planet Merah ketika iklim pemanasan mulai membuat Bumi tidak ramah.

Dalam laporan lain, kehidupan alien mungkin hidup di terowongan bawah tanah di Mars yang dibentuk oleh lava miliaran tahun lalu.

Itulah klaim ilmuwan yang sebentar lagi akan menemukan bukti kehidupan adanya alien cerdas di alam semesta. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Peringatan Ilmuwan, Gunung Berapi Paling Aktif Ini Siap Meletus