Senin, 21 September 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 05 Agustus 2020 | 21:30 WIB

Hitekno.com - Ledakan di Lebanon belum lama ini menjadi luka dunia karena memakan banyak korban. Mengingat catatan sejarah, ledakan di Lebanon bukanlah yang pertama. Setidaknya, berikut 5 ledakan paling menggemparkan di dunia yang pernah terjadi sebelumnya.

Pada Selasa (4/8/2020) pukul 18.02 waktu setempat, dua ledakan besar terjadi di Beirut dan menewaskan setidaknya 78 orang dengan 4.000 orang lainnya mengalami luka-luka.

Mengutip dari Suara.com, berdasarkan keterangan resmi Duta Besar Indonesia untuk Lebanon, Hajriyanto Y. Thohari, ledakan di Lebanon ini disebabkan oleh bahan sodium nitrat yang disimpan di pelabuhan.

Momen ini menjadi perbincangan hangat di media sosial usai video ledakan di Lebanon tersebut tersebar di internet. Awalnya, muncul kobaran api besar yang lalu disusul oleh ledakan dahsyat yang menggemparkan seluruh kota.

Berdasarkan sejarah, momen ledakan di Lebanon ini bukan ledakan pertama yang menggemparkan dunia. Dirangkum tim HiTekno dari Live Science, berikut 5 ledakan paling menggemparkan di dunia.

1. Ledakan di pelabuhan Texas (1947)

Ilustrasi ledakan. (Pixabay)

 

Tahun 1947 lalu, sebuah ledakan di pelabuhan Texas menggegerkan dunia. Ledakan akibat amonium nitrat tersebut mengakibatkan korban tewas yang mencapai 581 orang. Cukup menggemparkan, peristiwa ini ikut meledakkan 2 pesawat terbang yang melintas.

2. Ledakan di pelabuhan Kanada (1917)

Ledakan di pelabuhan Halifax, Kanada tahun 1917 saat Perang Dunia I juga ikut menggegerkan. Saat itu, kapal Perancis dengan muatan bahan peledak menabrak kapal Belgia yang lalu menimbulkan asap putih setinggi 20.000 kaki dan tsunami 60 kaki.

Setidaknya, karena peristiwa tersebut, ada 2.000 orang yang tewas dan 9.000 lainnya mengalami luka-luka.

3. Ledakan uji coba nuklir di New Mexico (1945)

Tahun 1945, ledakan akibat uji coba nuklir untuk Proyek Manhattan juga cukup menghebohkan. Ledakan dahsyat ini terjadi di Alamogordo, New Mexico dan berkekuatan 20 kiloton. Akibat dari ledakan dahsyat ini, banyak paparan tingkat radiasi yang berbahaya.

4. Ledakan di Sungai Tunguska (1908)

Tidak kalah menggemparkan, ledakan misterius di dekat Sungai Tunguska Podkamennaya tahun 1908 juga menjadi salah satu ledakan terbesar dalam sejarah. Hingga kini, tidak ada yang tahu penyebab ledakan tersebut. Para ilmuwan menduga bahwa hal tersebut akibat asteroid dan komet. Namun, hal ini tidak bisa dipastikan.

5. Ledakan Chernobyl (1986)

Ilustrasi Chernobyl. (pixabay/Studio Click)

 

Berbicara mengenai ledakan paling menggemparkan di dunia, ledakan Chernobyl tahun 1986 tentu perlu masuk dalam list ini. Ledakan ini bahkan mendapat gelar sebagai kecelakaan nuklir terburuk di dunia.

Ledakan Chernobyl ini bahkan 400 kali lebih kuat dari bom Hiroshima dan membuat lebih dari 600.000 orang terpapar radiasi dengan dosis tinggi. Hingga kini, daerah tersebut bahkan tidak layak ditinggali.

Menjadi catatan penting bagi sejarah manusia, itu tadi 5 ledakan paling menggemparkan di dunia selain ledakan di Lebanon yang baru terjadi beberapa waktu belakangan ini.

BACA SELANJUTNYA

Usai Ledakan, Lebanon Jadi Paling Dicari di Google