Senin, 26 Oktober 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 31 Juli 2020 | 20:30 WIB

Hitekno.com - Dua siswi SMA di India belum lama ini berhasil menemukan asteroid besar yang berada di dekat Mars. Perlahan-lahan, asteroid ini rupanya meluncur ke arah Bumi.

Adalah Vaidehi Vekariya dan Radhika Lakhani, siswi kelas 1 SMA yang berhasil menemukan keberadaan asteroid ini. Diketahui, keduanya berhasil menemukan asteroid ini usai terlibat dalam proyek kerja sama Space India dan NASA.

Melansir dari CNN, pada proyek ini, siswa diberi kesempatan untuk menggunakan teleskop luar angkasa Pan-STARRS di Hawaii. Dengan software khusus, hasil pengamatan ini lalu diteliti.

Usai diteliti, asteroid yang meluncur ke Bumi ini diberi nama HLV2514 yang bergeser dari orbitnya di dekat Mars untuk kemudian bergerak menuju Bumi.

Nama astroid HLV2514 ini diberikan sendiri oleh dua siswi tersebut. Punya ketertarikan dengan dunia astronomi, dua gadis asal Gujarat, India Barat ini mengaku sangat ingin memberi nama asteroid.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/rolandoemail)

 

Mengenai kesempatan keduanya menemukan asteroid tersebut, Aakash Dwivedi selaku guru dan astronom di Space India menyebutkan bahwa proyek yang diikuti ini sengaja digelar untuk mendidik siswa mengenai dunia astronomi dan sains.

Diketahui, proyek Space India dan NASA ini telah dimulai sejak Juni 2020 lalu. Namun, hasil penelitian terhadap hal ini baru dikumpulkan pada 23 Juli 2020 lalu.

Walaupun cukup mengejutkan dan menakutkan, asteroid ini diprediksi tidak akan mendekat ke Bumi dalam waktu dekat. Perlu waktu sekitar 1 juta tahun untuk mendekati Bumi. Secara jarak, asteroid ini berada dalam 10 kali jarak Bumi dan Bulan.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/UKT2)

 

Karena masa pandemi akibat virus corona, dua siswa ini belum dapat merayakan penemuan keduanya tersebut. Namun, hal ini cukup disambut baik oleh dua siswa yang bercita-cita menjadi seorang astronot ini.

Mengenai keberadaan asteroid yang meluncur ke arah Bumi ini, para ilmuwan dari NASA akan terus melakukan pengamatan serius untuk memahami asteroid tersebut ke depannya.

BACA SELANJUTNYA

NASA Siap Ungkap Rahasia Asteroid Bennu, Batuan yang Bisa Menabrak Bumi