Selasa, 27 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 30 Juli 2020 | 16:15 WIB

Hitekno.com - Usai ditemukan oleh para arkeolog, kotak kuno pembunuh vampir yang selama ini dipamerkan akhirnya dilelang. Bersama dengan kotak kuno ini, sebuah Alkitab dan salib yang diduga digunakan pada masanya untuk membunuh vampir.

Kotak kuno ini diketahui dibuat dari kayu antik berwarna kuning. Di bagian dalam kotak tersebut ada sebuah Alkitab dari abad ke-19 serta salib dan pistol.

Melansir dari Live Science, kotak kuno pembunuh vampir ini dilapisi dengan sutra merah tua. Sedangkan bagain dalam kotak dihiasi lukisan kebangkitan Yesus. Tepat di samping lukisan tersebut nampak ukiran gading dari serigala.

Beberapa senjata yang ditemukan dalam kotak kuno pembunuh vampir ini antara lain pisau perak, pistol, tang, salib, rosario, botol kecil berisi gigi hiu serta sebuah botol dengan tutup logam yang tidak diketahui isinya.

Arkeolog menjelaskan bahwa hingga saat ini kebenaran mengenai kisah vampir memang tidak diketahui. Namun, kisah ini dipercaya terjadi sekitar 1.000 tahun yang lalu di Eropa.

Kotak kuno pembunuh vampir. (Hansons Auctioneers)

 

Menurut Charles Hanson selaku pemilik Hansons Auctioneers, dahulu kala untuk membunuh vampir ini, orang-orang memilih melengkapi diri dengan beberapa hal yang ada di kotak kuno pembunuh vampir tersebut.

Mengenai usia dan asal usul kotak kuno pembunuh vampir ini memang tidak diketahui hingga kini. Pemilik kotak tersebut mengaku menemukan kotak ini dalam sebuah pameran barang antik di Inggris.

Secara ilmiah, vampir sering kali dianggap sebagai seseorang dengan indikasi kesehatan tertentu sehingga mempengaruhi bentuk fisiknya. Namun, karena rumor yang beredar, istilah vampir lalu mulai dikenal.

Kotak kuno pembunuh vampir. (Hansons Auctioneers)

 

Lebih lanjut, para arkeolog tidak dapat memastikan apakah kotak pembunuh vampir ini pernah digunakan sebelumnya untuk membunuh vampir atau belum sama sekali.

Namun dalam lelang, melihat bentuk kotak kuno pembunuh vampir ini, banyak dugaan menyebutkan jika kotak tersebut akan dijual dengan harga 2.500 dolar AS hingga 3.700 dolar AS atau setara dengan Rp 36 juta hingga Rp 54 juta.

BACA SELANJUTNYA

Arkeolog Buka Peti Mumi Berusia 2.500 Tahun dari Masa Mesir Kuno