Jum'at, 07 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Rabu, 29 Juli 2020 | 17:45 WIB

Hitekno.com - Bob Behnken, astronot NASA baru-baru ini mengunggah beberapa potret saat Matahari terbit dari ISS. Menembus atmosfer, potret Matahari terbit dari stasiun luar angkasa ini langsung saja membuat takjub siapa pun yang melihatnya.

Potret Matahari terbit dari ISS ini diabadikan oleh Bob Behnken dan diunggah ke Twitter melalui akun pribadinya @AstroBehnken pada Senin (27/7/2020) lalu.

''Momen pertama saat Matahari terbit dari ISS'' tulisnya dalam cuitan tersebut.

Ditangkap sempurna oleh Bob Behnken, nampak luar angkasa yang gelap tanpa kehidupan, yang terlihat lalu hanya sinar tipis berwarna putih yang diduga merupakan atmosfer.

Secara perlahan, nampak sinar Matahari kecil yang muncul dari tengah-tengah garis atmosfer tersebut. Sinar Matahari kecil ini lalu semakin lama semakin membesar hingga terlihat seperti pancaran Matahari besar yang telah muncul sepenuhnya.

Matahari terbit dari ISS. (twitter/AstroBehnken)

 

Beberapa netizen yang menyaksikan potret Matahari terbit dari ISS ini dibuat takjub. Namun, ada juga netizen yang bertanya-tanya mengenai ketiadaan bintang di potret ini.

Dijelaskan bahwa hal itu karena pada dasarnya, bintang cenderung lebih redup dan sinar Matahari mendominasi seluruh pemandangan menjelang pagi tersebut. Saat waktu malam hari, bintang-bintang lalu akan nampak dengan jelas.

Potret ini langsung saja mendapat berbagai komentar dari netizen yang dibuat takjub dengan momen saat Matahari terbit dari ISS ini.

''Itu indah! Kadang-kadang saya melihat live streaming atau video Bumi dari ISS dan Matahari terbit dan terbenam selalu membuat saya takjub setiap kali'' ungkap netizen dengan akun @ALspaceferret.

Matahari terbit dari ISS. (twitter/AstroBehnken)

 

''Salam dari Bumi'' balas pemilik akun @GadgetFunkie.

''Gambar paling indah sepanjang waktu, Matahari terbit sangat indah dari Bumi dan kamu langsung melihatnya dari ISS'' komentar akun @Fgb50595259.

Membuat takjub, hingga artikel ini dibuat, unggahan mengenai astronot NASA yang tangkap momen Matahari terbit dari ISS ini telah mendapat lebih dari 9.000 retweets dan ratusan balasan dari netizen.

BACA SELANJUTNYA

Kedarai Crew Dragon, Dua Astronot NASA Sukses Kembali ke Bumi