Sabtu, 15 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 27 Juli 2020 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Ikan Mola atau Sunfish kepala raksasa (Mola alexandrini) ternyata mempunyai semacam rahasia kecil pada kehidupannya. Bentuk larva mereka tetap menjadi misteri bagi para ilmuwan laut.

Kabar gembira, untuk pertama kalinya, misteri mengenai larva sunfish atau ikan Matahari telah terpecahkan saat ini.

Meski mereka dikenal sebagai ikan raksasa, namun ternyata larva Mola alexandrini berukuran lebih kecil jika dibandingkan kuku orang dewasa.

Perubahannya sangat menakjubkan mengingat mereka bisa tumbuh jutaan kali lebih besar jika dibandingkan ukuran pada fase larva.

Bump-head Sunfish atau ikan kepala Mola merupakan salah satu dari tiga spesies Mola yang menempati perairan Australia.

Perbandingan Mola alexandrini dengan manusia. (YouTube/ Sunfish Research)

 

Mereka dapat tumbuh hingga lebih dari 3 meter dengan berat lebih dari 2.000 kilogram.

Hewan ini menghabiskan hidupnya antara laut dalam dan permukaan laut di mana mereka bisa berjemur di bawah terik Matahari.

Versi larva mereka ternyata hanya berukuran beberapa milimeter saja.

Perubahan bentuk larva sunfish atau ikan Mola menjadi berukuran raksasa. (Twitter/ SunfishOZNZ)

 

Hal itu tentunya sangat menakjubkan mengingat ikan kepala Mola bisa tumbuh besar melebihi manusia.

Ilmuwan dari Australian Museum Research Institute berhasil menemukan spesimen larva berukuran kecil yang diyakini merupakan versi larva dari Mola alexandrini.

Larva ikan Mola alexandrini berukuran 5 milimeter. (Press Release Australian Museum/ Kerryn Parkinson)

 

Jika diperbesar, larva Mola super kecil ini dan bahkan menyerupai keping sereal lengkap dengan mata dan juga tubuh mirip kepingan salju.

Mola-mola betina memegang rekor fekunditas potensial tertinggi dari vertebrata mana pun, dengan Mola mola dewasa menampung 300 juta ova.

Karena hasil ovulasi mereka yang sangat besar, para ilmuwan bingung mengapa telur mereka tidak pernah ditemukan di alam liar dan mengapa penampakan larva mereka sangat sedikit dan jarang.

Dikutip dari IFLScience, berkat penelitian dan analisis DNA pada spesimen kecil yang rapuh, berukuran 5 milimeter, ilmuwan bernama Dr. Marianne Nyegaard berhasil menguak identitas dari larva kecil tersebut.

Analisis DNA berhasil mengungkapkan bahwa spesimen super imut itu adalah versi larva dari Bump-head Sunfish dewasa (Mola alexandrini).

Ini membuat makhluk super kecil tersebut merupakan larva pertama yang berhasil diidentifikasi status versi dewasanya oleh ilmuwan.

Sebelumnya, ilmuwan bahkan tidak mengetahui atau mungkin jarang menemukan versi larva (dan identitas dewasanya) ketika di lautan.

Tubuh sunfish raksasa yang bisa mencapai 3 meter dari larva berukuran beberapa milimeter saja tentunya merupakan sebuah penelitian yang menarik.

BACA SELANJUTNYA

Pembeli Ini Kecewa Setelah Terima Ikannya, Respon Sang Penjual Bikin Salfok