Sabtu, 08 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 21 Juli 2020 | 06:30 WIB

Hitekno.com - Terlihat rapuh, siapa sangka jika selembar kertas bisa membuat luka saat terkena anggota tubuh? Diungkap netizen, ternyata begini wujud selembar kertas jika dilihat pakai mikroskop.

Wujud selembar kertas saat dilihat pakai mikroskop ini diunggah akun @afrkml pada Minggu (19/7/2020) lalu dan menjadi viral di Twitter.

''Ternyata sisi kertas yang tipis tuh kaya begini ya, penampakannya setelah diperbesar 100 kali'' tulis @afrkml dalam cuitannya.

Nampak dari foto yang diunggah, selembar kertas tersebut rupanya memiliki serat-serta halus yang cukup tajam pada bagian ujungnya. Serat-serat ini sekilas mirip dengan akar-akar pada tumbuhan yang tentu saja dapat menyakiti.

Namun, dijelaskan oleh @afrkml, yang membuat selembar kertas terasa tajam bukanlah serat sisi kertas tersebut namun karena luas permukaan kertas mengingat semakin luas permukaan maka semakin banyak tekanan yang muncul.

Wujud kertas dilihat dari mikroskop. (Twitter/ afrkml)

 

Mengenai hal ini, melansir dari Science Alert, jari pada dasarnya memiliki nosiresptor atau reseptor ujung saraf yang bebas dan memiliki banyak per milimeter. Bagian jari ini yang lalu digunakan untuk merasakan sesuatu.

Kertas pada dasarnya memiliki tepian bergerigi seperti yang nampak pada unggahan @afrkml. Tepian bergerigi ini yang tentu sangat tajam dan mampu merobek kulit. Rasa sakit yang dirasakan ini yang lalu memberikan nyeri yang sangat menyakitkan di jari.

Luka terbuka di jari ini yang lalu memungkinkan ujung saraf-sarafnya mengirim sinyal bahaya ke otak yang lalu menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Ilustrasi kertas. (pexels/icon0)

 

Sedangkan pendapat mengenai bakteri di luka sayatan selembar kertas yang menyebabkan rasa sakit, tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, bakteri muncul usai luka terbuka dan tekontaminasi dalam waktu yang lama sehingga menimbulkan infeksi.

Itu tadi penjelasan ilmiah mengenai mengapa luka sayatan akibat selembar kertas begitu menyakitkan. Mengingat bentuk permukaan kertas saat dilihat pakai mikroskop, wajar saja akan terasa sangat sakit saat terkena sayatan kertas ya.

BACA SELANJUTNYA

Niat Ngeprint Pas Foto, Malah Kecetak di Uang Kertas