Selasa, 22 September 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 17 Juli 2020 | 19:30 WIB

Hitekno.com - Wahana antariksa milik European Space Agency atau ESA bernama Solar Orbiter baru saja berhasil mencetak rekor terbaru usai sukses mendapat foto Matahari dari jarak terdekat yang pernah diambil.

Foto Matahari ini diambil dalam jarak paling dekat yaitu 77 juta kilometer. Dengan jarak segini, belum ada wahana antariksa lain yang berhasil mencetak rekor yang sama.

Mengutip Science Alert, foto Matahari dari jarak terdekat ini memperlihatkan solar flare Matahari ukuran kecil dengan sangat jelas. Biasanya, dari kejauhan, solar flare atau api unggun di Matahari ini justru sangat jarang terlihat.

Api unggun di Matahari ini lalu dikaitkan dengan spekulasi mengenai pemanasan coronal dan proses misterius yang biasanya terjadi di bagian atas Matahari. Bagian ini biasanya akan jauh lebih panas dari bagian bawahnya.

Diketahui, foto Matahari dari jarak dekat ini diambil pada pertengah Juni 2020 lalu saat Solar Orbiter dalam fase pengujian. Alhasil, wahana ini akan semakin mendekat ke Bumi seiring waktu.

Foto Matahari dari jarak terdekat. (Solar Orbiter/EUI Team/CSL, IAS, MPS, PMOD/WRC, ROB, UCL/MSSL)

 

Nantinya, para ilmuwan memprediksi bahwa Solar Orbiter ini nantinya akan berada pada jarak 48 juta kilometer dari Matahari nantinya. Jarak ini tentu saja sangat dekat dengan Matahari.

Dengan prestasi besar dari Solar Orbiter ini, para ilmuwan berharap jika kedepannya akan banyak rahasia terkait Matahari yang bisa terungkap.

Mengingat tugasnya, Solar Orbiter akan berada dalam jarak yang dekat dengan Matahari setiap 5 bulan sekali sebelum kemudian nanti akan semakin mendekat.

Ilustrasi matahari. (pixabay/qimono)

 

Mengenai resolusi foto Matahari dari jarak dekat ini, ilmuwan menyebutkan bahwa hasil foto teleskop di Bumi justru memiliki resolusi yang tinggi jika dibandingkan dengan milik Solar Orbiter.

Namun, hal tersebut bukanlah masalah. Pasalnya tujuan Solar Orbiter mendekat ke Matahari adalah untuk membantu proses penelitian terkait partikel dan medan magnet Matahari dalam jarak yang dekat.

BACA SELANJUTNYA

Simbol Misterius di Matahari Diduga Pesan dari Alien, Ini Fakta Sebenarnya