Kamis, 13 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 09 Juli 2020 | 07:30 WIB

Hitekno.com - Dalam beberapa kesempatan, kamu pasti sering mengigau saat tidur. Entah karena capek atau apa, hal ini biasanya terjadi tanpa bisa kamu kontrol dan rencanakan. Secara sains, ternyata ini penyebab mengigau saat tidur.

Berbicara dalam tidur atau mengigau ini terjadi saat seseorang mengucapkan beberapa kalimat atau kata saat sedang tertidur pulas. Terkadang, hal ini dikaitkan dengan mimpi yang dialami saat seseorang tersebut sedang tertidur.

Pada kondisi lain, mengigau saat tidur ini dikatakan sebagai masa peralihan fase tidur antara fase pertama ke fase kedua atau selanjutnya. Kondisi mengigau biasanya sering dialami saat kamu masih kanak-kanak dan akan hilang saat bertumbuh dewasa.

Terjadi dalam kesempatan yang berbeda-beda, biasanya orang-orang mengigau sambil mengucapkan kalimat dengan kencang dan ada pula yang justru berbisik saat mengigau.

Beberapa orang kerap kali mengaitkan mengigau dengan hal-hal mistis yang justru membuat takut. Pada kenyataannya, mengigau dapat dijelaskan secara sains. Kebiasaan ini juga dapat dikaitkan secara medis lho.

Ilustrasi tidur. (pixabay/Engin_Akyurt)

 

Secara sains, mengigau ini dikenal dengan nama somniloquy. Pada umumnya, mengigau dapat terjadi saat seseorang tidak bermimpi atau bahkan sedang bermimpi.

Menurut para ilmuwan, mengigau terjadi karena aktifnya pita suara dan mulut selama beberapa saat. Padahal dalam kondisi tertidur, dua organ tubuh ini seharusnya tidak aktif.

Saat suara dan mulut aktif dalam kondisi tertidur, seseorang ini lalu mengigau dengan mengucapkan satu atau dua kata dalam waktu yang singkat. Ketika kamu sedang bermimpi, kata-kata yang keluar saat mengigau adalah yang muncul dalam mimpi kamu tersebut.

Ilustrasi tidur. (pixabay/Wokandapix)

 

Tidak dapat dikatakan dengan pasti bahwa mengigau adalah salah satu gangguan tidur. Namun, beberapa penjelasan sains menyebutkan bahwa mengigau juga dapat disebabkan oleh stres dan faktor lainnya.

Itu tadi penjelasan mengenai mengigau menurut sains. Jika kamu masih sering mengigau, tidak perlu panik dan khawatir ya. Hal ini rupanya merupakan hal yang wajar kok.

BACA SELANJUTNYA

Live Streaming Tidur Dapatkan 60 Ribu View, Netizen Suka Beginian?