Sabtu, 15 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 03 Juli 2020 | 07:45 WIB

Hitekno.com - Pada video yang diunggah oleh NASA, kita bisa menjadi saksi dalam melihat astronot saat mereka melakukan misi penting. Astronot NASA harus melakukan "spacewalk" atau berjalan (menggunakan pengaman) ke luar angkasa untuk mengganti kompenen penting di ISS (International Space Station).

Penggantian baterai di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS melibatkan astronot dari Expedition 63, Chris Cassidy dan astronot dari Crew Dragon Demo-2, Bob Behnken.

Pada 01 Juli 2020, mereka mendapatkan misi penting selama tujuh jam di luar angkasa untuk mengganti baterai pada ISS.

Ini menjadi aksi spacewalk kedua untuk Cassidy dan Behnken.

Sebelumnya mereka pernah menyelesaikan spacewalk selama 6 jam 7 menit pada tanggal 26 Juni 2020 dalam melakukan pergantian komponen.

Ilustrasi aksi astronot NASA saat melakukan spacewalk. (YouTube/ NASA)

 

Selama melakukan spacewalk pada 26 Juni 2020, mereka menukar tiga baterai hidrogen-nikel tua pada rangka jauh bagian kanan (S6 Truss) ISS dengan baterai baru lithium-ion yang lebih efisien.

Pada 1 Juli 2020, mereka menukar satu baterai lagi yang mempunyai kapasitas atau daya tahan lebih lama.

Baterai baru yang ada dapat memberi daya pada stasiun hingga tahun 2024.

Sebagai informasi, baterai lithium-ion baru yang dipasang Cassidy dan Behnken tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan pesawat ulang-alik kargo HTV-9 Jepang.

Samudra pasifik dari ISS. (facebook/NASA)

 

Pesawat ulang-aling itu telah mengantarkan baterai ke ISS pada Mei 2020.

Dikutip dari Space.com, misi pergantian baterai sangat penting mengingat komponen dapat memutakhirkan power-supply di ISS.

Power-supply ini dapat memberikan daya pada ISS ketika stasiun tidak berada di bawah sinar Matahari selama mengorbit pada titik transisi malam.

Untuk melihat jadwal video live-streaming milik NASA ketika para astronot menjalani misi penting kamu bisa meluncur ke situs resmi NASA pada link ini.

"Memastikan bahwa stasiun ruang angkasa memiliki sistem tenaga yang berfungsi penuh sangat penting tidak hanya untuk ilmu yang dilakukan di sana tetapi juga untuk kesejahteraan para astronot yang tinggal di sana. ISS, yang telah mengorbit sejak akhir 1990-an, masih memiliki banyak kehidupan di dalamnya berkat peningkatan dan pemeliharaan rutin," tulis keterangan resmi NASA.

Pada video yang dibagikan, kita bisa melihat aksi astronot NASA yang melakukan aski spacewalk menakjubkan dengan pemandangan Bumi di bawahnya.

BACA SELANJUTNYA

Foto Satelit Ini Ungkap Dampak Kerusakan Akibat Ledakan di Lebanon