Kamis, 09 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 01 Juli 2020 | 15:00 WIB

Hitekno.com - Roscosmos, Badan antariksa Rusia mengumumkan rencananya dalam membawa wisatawan ke luar angkasa pada 2023 mendatang.

Rencananya Roscosmos akan membawa wisatawan ini menjelajahi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).  

Individu yang mendapatkan perjalanan ini, akan menjadi warga negara swasta pertama yang mengalami pengalaman di luar angkasa sebagai era baru dalam pariwisata luar angkasa.

Perjalanan ini akan difasilitasi oleh produsen pesawat luar angkasa Energia, pengembang utama untuk program luar angkasa awak Rusia.

Perusahaan itu telah menandatangani kontrak dengan perusahaan berbasis di Amerika Serikat, Space Adventures, yang sebelumnya telah mengatur tujuh wisatawan swasta untuk mengunjungi ISS dengan pesawat luar angkasa Rusia.

Stasiun luar angkasa. [Shutterstock]

 

Space Adventures belum membeberkan harga perjalanan unik ini, meskipun diprediksi sekitar puluhan hingga ratusan juta dolar AS.

Calon pembeli pun akan diseleksi sesuai ketentuan dan kandidat yang terpilih akan menjalani pelatihan enam bulan di kompleks Star City Rusia sebelum meluncur ke orbit.

Didampingi kosmonot Rusia, wisatawan akan menyelesaikan perjalanan luar angkasa selama 90 menit dan akan diminta menghabiskan satu minggu ekstra di ISS.

Badan Antariksa Rusia, Roscosmos. [Shutterstock]

 

Dilansir dari IFL Science, Rabu (1/7/2020), sejumlah perusahaan lain saat ini juga sedang menyusun rencana untuk mengirim wisatawan ke luar angkasa.

Sebagai contoh, SpaceX, berharap dapat membawa wisatawan ke ISS tahun depan dengan menaiki Crew Dragon. Perusahaan ini juga berharap dapat membawa sekelompok wisatawan dalam perjalanan mengelilingi Bulan pada 2023.

Itulah rencana wisata ke luar angkasa, salah satunya dari badan antariksa Rusia, Roscosmos. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

China Sukses Selesaikan Proyek Luar Angkasa Terbesar, Apa Itu?