Kamis, 09 Juli 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 26 Juni 2020 | 18:00 WIB

Hitekno.com - Kota-kota dalam posisi terbalik hanya ditemukan dalam cerita fiksi ilmiah. Berkat pantulan cahaya dan refleksi, sebuah foto yang dibagikan oleh NASA ini berhasil menampakkan pemandangan "kota terbalik".

NASA membagikan foto yang memenangkan penghargaan Astronomy Picture of the Day pada 24 Juni 2020.

Foto ini cukup luar biasa karena kita bisa melihat kumpulan awan dengan pemandangan Matahari terbenam.

Tak sampai di situ, mata kita juga akan langsung berfokus pada sebuah kota yang tampak terbalik di bawahnya.

Pemenang Astronomy Picture of the Day pada 24 Juni 2020 adalah seorang fotografer bernama Mark Hersch.

Penampakan ''Kota Terbalik'' pemenang Astronomy of the Day dari NASA. (Mark Hersc/ NASA)

 

Ia mengambil foto ini dari pesawat terbang saat mendekati Bandara Internasional O'Hare Chicago di tahun 2014.

Tak disangka, fotonya membuat ilmuwan NASA ikut angkat bicara dan menjelaskan fenomena ilmiah yang dapat dicerna mengenai foto "janggal" ini.

Para ilmuwan NASA bernama Robert Nemiroff dan Jerry Bonnel menjelaskan fenomena aneh ini dalam detail yang signifikan.

Sebagai informasi, situs Astronomy Picture of the Day milik NASA yang bisa diakses melalui link ini, menampilkan gambar yang berbeda setiap hari.

Kemudian, para astronom profesional ikut membagikan penjelasan untuk fenomena atau penemuan apa pun pada gambar tersebut.

Kota Chicago, Illinois, Amerika Serikat. (Pixabay/ David Mark)

 

Dikutip dari UNILAD, menurut ilmuwan dari NASA, foto "kota terbalik" ini merupakan efek dari bayangan yang diproyeksikan di dekat Matahari terbenam.

Berikut keterangan lengkap dari ilmuwan NASA:

"Bagaimana kota itu bisa terbalik? Kota Chicago, sebenarnya berada di sisi kanan atas. Bayangan panjang yang diproyeksikan dekat Danau Michigan di samping Matahari terbenam, bagaimanapun, ketika dilihat dalam refleksi, membuat bangunan tampak terbalik.

Matahari dapat dilihat di atas dan di bawah kumpulan awan, dengan yang terakhir terefleksi pada danau yang tenang. Sebagai bonus, jika kalian melihat sangat dekat (dan ini cukup sulit), kita dapat menemukan pesawat lain dalam gambar, yang kemungkinan juga sedang mendekat ke bandara yang sama".


Untuk mencerna penjelasan di atas dan membuktikannya, kamu bisa melihat foto beresolusi lebih tinggi melalui situs resmi NASA di link ini.

Jika sudah diunduh dan bisa dibolak-balik fotonya, kalian bisa memecahkan misteri "kota terbalik" dengan penjelasan di atas.

Itulah tadi foto "kota terbalik" yang menjadi pemenang di situs Astronomy Picture of the Day milik NASA, sangat menakjubkan bukan?

BACA SELANJUTNYA

Berhadiah Rp 501 Juta, NASA Gelar Lomba Desain Toilet di Bulan