Sabtu, 08 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 24 Juni 2020 | 06:30 WIB

Hitekno.com - Para arkeolog yang melakukan penelitian di daerah dekat Stonehenge, Inggris belum lama ini menemukan lingkaran sedalam 5 meter tidak jauh dari lokasi ini. Lama menjadi misteri, arkeolog berharap dengan penemuan tersebut dapat mengungkap rahasia Stonehenge.

Seperti yang diketahui, sudah sejak lama banyak penelitian terkait lingkaran batu yang bernama Stonehenge ini dilakukan. Penelitian-penelitian ini diharapkan dapat memberikan jawaban terkait asal muasal batuan tersebut.

Tidak jauh dari Stonehenge, arkeolog berhasil menemukan lingkaran sedalam 5 meter yang mirip terowongan berdiameter 2 kilometer. Lingkaran ini berada mengelilingi Durrington Walls di daerah ini.

Melansir dari Science Alert, lingkaran misterius tersebut berada sekitar 3,2 kilometer di sebelah timur laut Stonehenge. Diduga kuat, terowongan ini berasal dari periode yang sama dengan Stonehenge yaitu 4.500 tahun lalu.

Dibuat takjub dengan penemuan ini, para arkeolog menyebutkan bahwa penemuan ini dapat menjadi hal penting guna perkembangan ilmu pengetahuan kedepannya.

Terowongan di daerah Stonehenge. (Universitas St Andrews)

 

Saat pertama kali ditemukan, para arkeolog dibuat takjub dengan skala struktur lingkaran berbentuk terowongan tersebut. Lebar terowongan ini mencapai 10 meter dan tanpa melakukan proses penggalian, arkeolog mencoba meneliti penemuan ini.

Diketahui untuk penelitian lingkaran sedalam 5 meter di daerah dekat Stonehenge ini, para arkeolog menggunakan teknologi penginderaan jauh untuk mengambil sampel sebelum diteliti lebih lanjut.

Mengenai asal muasal lingkaran berbentuk terowongan ini memang tidak diketahui dengan pasti. Arkeolog sendiri dibuat takjub dengan kemampuan masyarakat zaman dulu untuk membangun lingkaran berbentuk terowongan dengan ukuran sebesar ini.

Stonehenge. (pexels/Kris Schulze)

 

Diprediksi, untuk membuat terowongan besar ini, masyarakat zaman dulu menggunakan batu, kayu dan tulang sebagai alat penggalian.

Perlu ada penelitian mendalam untuk mengetahui dan mengungkap asal lingkaran sedalam 5 meter yang cukup misterius di daerah Stonehenge ini.

BACA SELANJUTNYA

Berumur 1.700 Tahun, Papan Permainan Romawi Kuno Ditemukan Ilmuwan