Kamis, 02 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 21 Juni 2020 | 14:45 WIB

Hitekno.com - Fenomena luar angkasa jarang ditemui di setiap waktu, namun kali ini teleskop Hubble milik NASA berhasil mendapatkan gambar nebula berbentuk kupu-kupu. 

Dikutip dari laman resmi NASA pada Minggu (21/6/2020), warna-warna cantik yang membentuk 'sayap' nebula berbentuk kupu-kupu itu bermaterialkan debu, hidrogen, helium, dan gas yang telah terionisasi.

Ada dua bagian Nebula yang ditangkap Teleskop Hubble. Nebula pertama yang membentuk kupu-kupu, dinamai NGC 6302 dan dijuluki Butterfly Nebula. Sementara satu Nebula lainnya, NGC 7027, membentuk debu-debu di sekitar Butterly Nebula.

"Ketika saya melihat arsip gambar yang ditangkap Teleskop Hubble dan menyadari bahwa belum ada yang mengamati Nebula ini menggunakan Wide Field Camera 3 Hubble di seluruh rentang panjang gelombang maksimalnya, saya merasa gagal," terang peminpin penelitian, Joel Kastner dari Rochester Institute of Technology di New York, AS.

Nebula Kupu-kupu. (NASA)

 

Kastner melanjutkan, ia merasa takjub ketika pertama kali melihat Nebula berbentuk kupu-kupu tersebut. Selama meneliti antariksa, baru kali ini ia menemukan fenomena seperti itu.

Joel Kastner juga mengungkapkan ''Kedua Nebula itu memberikan saya pandangan paling komprehensif hingga saat ini. Ketika saya mengunduh gambar yang dihasilkan, saya senang bukan kepalang, seperti anak kecil yang sedang berada di toko permen.''(Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Peluncuran Robot Penjelajah Mars Baru NASA Kembali Diundur