Senin, 26 Oktober 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 21 Juni 2020 | 12:00 WIB

Hitekno.com - Hari ini, Minggu (21/6/2020) penduduk Bumi bisa mengamati fenomena alam Gerhana Matahari Cincin. Berdasarkan keterangan resmi dari BMKG, sebagian besar wilayah Indonesia tidak akan bisa mengamati Gerhana Matahari Cincin, melainkan hanya Gerhana Matahari Sebagian saja.

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin (GMC) 21 Juni 2020 adalah Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, China, dan Samudera Pasifik.

GMC 21 Juni 2020 ini juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian Utara dan Timur, Asia (termasuk Indonesia), Samudra Hindia, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Meski tak semua wilayah Indonesia bisa mengamati fenomena alam hari ini, tapi kamu bisa menikmatinya melalui live streaming yang akan disiarkan di beberapa situs resmi berikut ini lho, yuk simak.

1. Channel YouTube Lapan Kupang

Gerhana Matahari Cincin. (BMKG)

 

Salah satu live streaming yang bisa kamu datangi untuk mengamati Gerhana Matahari Sebagiann di Indonesia adalah Channel YouTube Lapan Kupang.

Hari ini channel YouTube tersebut sudah membuat reminder atau waktu pengingat untuk kamu yang akan menyaksikan fenomena berikut melalui channel YouTube-nya.

Langsung saja menuju ke channel YouTube Lapan Kupang ya. 

2. Channel YouTube bpaa Pontianak

Dalam keterangan di akun resmi @LAPAN_RI, live streaming Gerhana Matahari Sebagian juga disiarkan langsung oleh Channel YouTube bppa Pontianak.

Namun berbeda dengan Lapan Kupang, channel YouTube ini tidak mengatut pengingat untuk menyaksikan fenona satu ini.

Kamu harus bersiap dan meluncur ke link ini ya.

3. The Virtual Telescope

Website The Virtual Telescope ini merupakan teleskop robot yang dikendalikan dari jarak jauh yang bertugas merekam fenomena Gerhana Matahari Cincin dari awal hingga akhir.

Kamu bisa langsung meluncur ke website ini ya.

Buat kamu yang penasaran dan ingin menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin, langsung masuk ke rekomendasi live streaming di atas ya, selamat menyaksikan.

BACA SELANJUTNYA

Populer: Gerhana Matahari Cincin dari Luar Angkasa dan Sprei 3D Motif Ular