Kamis, 06 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 20 Juni 2020 | 06:00 WIB

Hitekno.com - Seekor cumi-cumi raksasa dari laut dalam ditemukan mati terdampar di pantai Afrika Selatan pada 7 Juni 2020. Ilmuwan masih menyelidiki alasan mengapa hewan yang biasanya hidup di kedalaman gelap lautan bisa terdampar di tepi pantai.

Spesimen cumi-cumi raksasa ini berukuran panjang sekitar 4,19 meter sehingga menjadikannya salah satu dari segelintir cumi-cumi raksasa yang pernah terdampar di tepi pantai.

Penampakan ini pertama kali ditemukan oleh pengunjung pantai bernama Richard Davies.

Mengatakan kepada News 24, ia dan pengunjung pantai lain sebenarnya sudah berusaha menyeret cephalopoda ini ke dalam air.

Namun karena terlalu besar, mereka harus meninggalkan cumi-cumi raksasa mati di Teluk Britannia, Pantai Barat, Afrika Selatan.

Postingan mengenai penampakan cumi-cumi raksasa. (Facebook/ Wayne Florence)

 

"Itu menyedihkan karena aku bisa melihat ia sedang sekarat. Hewan ini masih memompa tinta dan aku sempat menyentuh salah satu tentakel yang kemudian menghisap tanganku. aku harus menggunakan kekuatan lebih untuk menyingkirkan tentakelnya," kata Richard Davies kepada News 24.

Menurut Davies, cumi-cumi raksasa ini mempunyai berat antara 200 hingga 300 kilogram.

Ahli biologi dari Museum Iziko Afrika Selatan telah mengambil spesimen ini dan mereka berencana meneliti cumi-cumi raksasa lebih lanjut.

Cumi-cumi raksasa (Iziko Museums/ Adele Grosse via Facebook Wayne Florence)

 

Dikutip dari IFLScience, pada Februari 2020 lalu, ilmuwan berhasil merekam cumi-cumi raksasa di kedalaman 442 meter bawah laut.

Hewan raksasa itu berukuran hampir 4 meter (lengkap dengan tentakel) dan berhasil direkam pada laut dalam.

Cumi-cumi raksasa (Architeuthis) adalah hewan yang sangat sulit ditangkap, dan hewan ini pertama kali direkam pada tahun 2006.

Cumi-cumi raksasa akan diteliti lebih lanjut oleh ilmuwan. (Facebook/ Wayne Florence)

 

Hidup di kedalaman antara 300 hingga 1.000 meter dan mereka dianggap mampu tumbuh dengan panjang hingga 20 meter, namun mereka biasanya hanya mampu hidup sekitar lima tahun.

Kembali ke spesimen yang terdampar di pantai Afrika Selatan, para ahli percaya bahwa hewan itu berusia kurang dari dua tahun.

Peristiwa terdamparnya cumi-cumi raksasa merupakan hal yang langka, tapi bukan pertama kalinya terjadi di Afrika Selatan.

Kembali pada tahun 1992, misalnya, seekor cumi-cumi raksasa berukuran 9,1 meter (30 kaki) ditemukan di Kommetjie, Cape Town, Afrika Selatan.

Wayne Florence, kurator invertebrata laut di Museum Iziko mengungkapkan bahwa ilmuwan akan membedah spesimen cumi-cumi raksasa untuk mengetahui penyebab kematiannya.

BACA SELANJUTNYA

Terbang Tanpa Mengepakkan Sayap Sejauh 172 Km, Ini Keunikan Andean Condor