Minggu, 05 Juli 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 10 Juni 2020 | 06:00 WIB

Hitekno.com - Warga San Fransisco baru-baru ini dibuat heboh usai mendengar suara misterius di daerah tersebut. Sempat membuat cemas, akhirnya penyebab munculnya suara ini terungkap.

Membuat heboh seisi San Fransisco, rekaman video mengenai suara misterius ini beredar bebas di berbagai media sosial dalam seminggu terakhir ini. Saat itu, San Fransisco sedang mengalami angin kencang di Bay Area.

Tidak menakutkan layaknya bunyi dentuman atau apa, suara misterius di langit San Fransisco ini rupanya terdengar seperti lantunan musik merdu layaknya sebuah konser musik klasik.

Dikutip dari Live Science, suara misterius di langit San Fransisco ini terdengar dari jarak sejauh 4,8 kilometer dan terdengar layaknya disonan tiga-nada yang merdu.

Melalui akun Twitter resminya, layanan non-darurat dan informasi warga San Fransisco mengungkap penyebab suara misterius yang terdengar di langit San Fransisco ini.

Golden Gate Bridge. (pexels/pixabay)

 

Menurut akun tersebut, penyebab munculnya suara misterius ini adalah bilah yang dipasang di jalur sepeda pada Golden Gate Bridge di San Fransisco.

Bilah ini sengaja dipasangkan untuk keperluan jangka panjang di Golden Gate Bridge tersebut. Secara sederhana, bilah ini berfungsi untuk membuat jembatan menjadi lebih aerodinamis.

Karena model jembatan ini, tidak dapat dipungkiri saat terpapar angin, Golden Gate Bridge dapat mengeluarkan suara tertentu yang membuatnya terdengar seperti sedang bersenandung.

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh University New South Wales di Australia, suara instrumen yang terdengar akibat angin tersebut karena terjadi perubahan energi udara yang bergerak menjadi gelombang dengan pola getaran bergerak.

Bagaimana angin kerja serta struktur Golden Gate Bridge bekerja di lokasi tersebut membuat suara misterius yang menghebohkan warga San Fransisco ini terdengar dalam jarak yang cukup jauh.

BACA SELANJUTNYA

Sempat Bikin Geger, 7 Suara Misterius yang Pernah Terdengar dari Langit