Kamis, 02 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 05 Juni 2020 | 20:00 WIB

Hitekno.com - Gerhana Bulan Penumbra bakal bisa dinikmati dari wilayah Indonesia pada 6 Juni 2020. Fenomena alam ini juga disebut sebagai Bulan Stroberi atau Stroberry Moon.

Kenapa bisa Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni 2020 ini disebut sebagai Bulan Stroberi aau Stroberry Moon? Ternyata ada penjelasannya.

Untuk kamu yang ingin menyaksikan fenomena alam tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Termasuk apa perbedaan gerhana Bulan dengan fenomena ini.

Lalu apa bedanya Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni dengan Gerhana Bulan biasa? Dan apa yang harus dipahami lebih dahulu.

Ada pula kabar penemuan struktur monumental berusia 2.800 tahun di Tabasco, Meksiko.Penemuan ini mengguncang konsepsi kita tentang peradaban Maya dan kemunculannya sebagai kekuatan budaya.

Kabar mengenai fenomena alam Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni 2020 ini termasuk dalam berita terkini pilihan HiTekno.com untuk hari ini, Jumat (5/6/2020).

1. Kenapa Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni Disebut Bulan Stroberi? Ini Alasannya

Gerhana bulan. (Suara.com/Arief Hermawan P)

 

Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni nanti juga disebut sebagai Bulan Stroberi atau Strawberry Moon. Kenapa Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni ini disebut sebagai Bulan Stroberi. Sedangkan di Eropa, fenomena ini disebut sebagai Rose Moon.

Gerhana Bulan terjadi pada fase Bulan Purnama ketika posisi Matahari, Bumi, dan Bulan berada di garis lurus. Hal itu akan menyebabkan bayangan Bumi tertutup Bulan dan menciptakan Gerhana pada Bulan.

Baca selengkapnya...

2. Sebelum Melihat Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni, Ini yang Perlu Diketahui

Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni 2020. [vercalendario]

 

Sebelum menyaksikan Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni, ada yang perlu diperhatikan terlebih dulu. Fenomena alam 6 Juni mendatang memang bukan sekadar Gerhana Bulan biasa. Namun dinamakan sebgai Gerhana Bulan Penumbra.

Lalu apa bedanya Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni dengan Gerhana Bulan biasa? Dan apa yang harus dipahami lebih dahulu.

Baca selengkapnya...

3. Monumen Peradaban Suku Maya Ditemukan Ilmuwan, Umurnya Ribuan Tahun

Ilustrasi struktur bangunan dari suku Maya, Chichén Itzá. Ilustrasi bukan struktur yang ada pada penemuan. (Pixabay/ Makalu)

 

Ilmuwan baru saja melakukan penemuan mengejutkan dari struktur monumental berusia 2.800 tahun di Tabasco, Meksiko. Penemuan ini mengguncang konsepsi kita tentang peradaban Maya dan kemunculannya sebagai kekuatan budaya.

Menggunakan teknologi yang disebut dengan LIDAR (Light Detection and Ranging), laser dapat digunakan untuk memetakan fitur permukaan yang tersembunyi dari atas.

 Para arkeolog menemukan struktur monumental yang sebelumnya tidak dikenal di situs Aguada Fenix di Meksiko.

Baca selengkapnya...

4. 5 Penampakan Aneh yang Berhasil Ditangkap Google Earth

Penampakan Bumi di Google Earth View. (Google Earth View)

 

Mengumpulkan gambar dari berbagai sumber, mulai dari satelit di orbit geosinkron, Google Earth kerap mengambil foto resolusi rendah dari puluhan ribu mil di atas Bumi hingga satelit yang menangkap bidikan beresolusi lebih tinggi.

Gambar yang disajikan Google Earth tersedia untuk siapa saja. Namun tak jarang Google Earth menangkap pemandangan yang aneh dalam suatu wilayah.

Baca selengkapnya...

Itulah empat berita terkini mulai dari Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni hingga penampakan aneh yang tertangkap Google Earth.

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: HP Gaming dengan MediaTek Helio G35 dan G25