Minggu, 12 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 01 Juni 2020 | 06:56 WIB

Hitekno.com - Setelah sukses mencapai orbit, kapsul Crew Dragon SpaceX yang membawa dua astronot NASA akhirnya sukses tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kapsul ini diterbangkan dengan Roket Falcon 9 milik SpaceX dari pangkalan Florida Sabtu kemarin. Dan tiba dengan baik di ISS pada Minggu (31/5/2020).

Melalui postingan di media sosial, SpaceX membagikan video bagaimana proses docking kapsul yang dinamai Crew Dragon Endeavour ini.

Ditampilkan proses docking kapsul buatan SpaceX ini memiliki fitur canggih. Yakni sistem docking otomatis yang terbukti sukses di ISS.

Sistem docking otomatis ini diklaim akan memudahkan astronot atau crew. Namun SpaceX tetap memberikan kontrol manual pada Crew Dragon.

Setelah melakukan docking dengan sukses, dua astronot ini bersiap diri untuk berpindah dari kapsul Crew Dragon Endeavour ini ke ISS.

Sesampainya di ISS, dua astronot NASA ini disambut hangat oleh tiga crew yang sudah lebih dulu berada di sana untuk menjalani misi.

Ketiganya adalah astronot NASA Chris Cassidy, dan dua kosmonot Rusia, Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner. Ketiganya menyambut hangat kedatangan dua astronot NASA ini.

Dua astronot NASA yang mengendarai kapsul Crew Dragon dari SpaceX ini adalah Robert 'Bob' Behnken dan Doug Hurley.

Keduanya pernah ke luar angkasa pada 2011 silam dengan menggunakan Space Shuttle NASA. Dan kini menjalani misi ke luar angkasa kembali.

Posisi Crew Dragon yang mendarat di ISS. (International Space Station)

 

Dua astronot NASA ini bergabung dengan crew lainnya untuk menjalani misi di ISS. Tidak diketahui sampai kapan mereka akan pulang ke Bumi.

Misi membawa dua astronot NASA ke ISS ini menambah catatan kesuksesan perusahaan SpaceX yang dikepalai Elon Musk tersebut.

SpaceX sendiri telah mendapatkan kontrak dengan NASA untuk menyediakan sejumlah penerbangan ke luar angkasa dengan dana yang yang fantastis.

Dengan kesuksesan kapsul Crew Dragon membawa dua astronot NASA ke ISS, misi apa lagi yang akan dilaksanakan SpaceX mendatang?

BACA SELANJUTNYA

Bukan Terpukau, Foto Samudra Pasifik dari ISS Malah Jadi Banyolan Netizen