Senin, 06 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Sabtu, 30 Mei 2020 | 07:45 WIB

Hitekno.com - Kabar mengenai para ilmuwan yang menemukan planet mirip Bumi belum lama ini cukup membuat geger. Terbaru, ilmuwan memastikan bahwa planet tersebut berada di sekitar bintang terdekat di Tata Surya yaitu Proxima Centauri.

Mengandalkan instrumen penelitian super canggih, para ilmuwan menemukan keberadaan planet mirip Bumi yang diberi nama Proxima B ini. Diketahui planet ini mengorbit bintang Proxima Centauri yang ada di Tata Surya kita.

Mengutip Science Alert, Alejandro Suarez menjelaskan bahwa Proxima B adalah hal paling menarik yang pernah ditemui dalam penelitian ini.

Secara fisik, planet mirip Bumi, Proxima B memiliki 1,17 kali massa Bumi, jauh lebih kecil dari perkiraan sebelumnya yaitu 1,3 kali massa Bumi. Proxima B diketahui mengorbit bintang hanya dalam waktu 11,2 hari.

Sebelumnya, planet mirip Bumi ini pertama kali ditemukan pada tahun 2016 menggunakan HARPS atau High Accuracy Radial Velocity Planet Searcher. HARPS merupaka spektograf perburuan planet yang dipasang di salah satu teleskop observatorium di Chilli.

Ilustrasi Bumi. (pexels/pixabay)

 

Penelitian lalu dilakukan dengan mengukur kecepatan radial planet mirip Bumi ini menggunakan Echelle Spesctograph for Rocky Exoplanets and Stable Spectroscopic Observations atau ESPRESSO.

ESPRESSO rupanya memiliki data yang tiga kali lebih akurat jika dibandingkan dengan HARPS. Kecepatan radial planet mirip Bumi yang diukur mencakup laju perubahan jarak antara objek dan titik temu.

Biasanya, saat sebuah planet mengorbit bintang, tarikan gravitasi ini menyebabkan bintang bergerak maju dan mundur hingga menggeser spektrum cahaya. Hal ini yang lalu diteliti untuk mengetahui kejelasan planet mirip Bumi tersebut.

Ilustrasi Bumi. (Pixabay)

 

Bintang Proxima Centauri berada pada jarak 4,2 tahun cahaya dari Matahari. Membutuhkan waktu sekitar 73.000 tahun dari Bumi untuk dapat mencapai planet mirip Bumi, Proxima B.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memahami planet mirip Bumi ini. Mengetahui apakah atmosfer planet ini aman atau justru mematikan, atau bahkan apakah planet ini memiliki air perlu diteliti dengan seksama.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Temukan Super Earth Baru, Bisa Jadi Tempat Tinggal Manusia?