Minggu, 06 Desember 2020

Dua Astronot NASA ke Luar Angkasa dengan Pesawat SpaceX, Crew Dragon

Robert "Bob" Behnken dan Doug Hurley, akan menjadi dua astronot NASA pertama ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat antariksa milik SpaceX, Crew Dragon.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Astronot. (Pixabay/WikiImages)
Astronot. (Pixabay/WikiImages)

Hitekno.com - Pesawat antariksa milik SpaceX, Crew Dragon akan mengirim dua astronot NASA pertama yang akan melakukan perjalanan luar angkasa, keduanya adalah Robert "Bob" Behnken dan Doug Hurley.

"Semua orang seperti bertanya, ‘Kapan itu akan terjadi? Apakah saya akan diundang? Ini akan sangat menyenangkan," terang Hurley sebagaimana dikutip dari The Verge, Kamis (21/5/2020).

Nantinya, Hurley akan bertindak sebagai Spacecraft Commander dan diberi misi untuk melakukan makan siang di luar angkasa lalu kembali ke Bumi untuk pemulihan.

Ia tercatat sebagai astronot NASA sejak tahun 2000 dan telah mengantongi 683 jam mengangkasa. Pada 15 - 31 Juli 2009, Hurley menjalani misi pertamanya, STS-127 Space Shuttle Endeavour, di Stasiun Luar Angkasa (ISS). Selanjutnya, ia melakoni misi kedua pada 8-21 Juli 2011 untuk mengantarkan pasokan logistik ke ISS.

Logo NASA. [Shutterstock]
Logo NASA. [Shutterstock]

Nantinya, Hurley akan didampingi Behnken yang bertindak sebagai Joint Operations Commander. Keduanya merupakan sahabat karena sudah mengenal sejak keduanya menjalani pelatihan astronot NASA sejak 2000.

Namun, tugas yang diemban Behnken lebih kompleks. Ia harus melakukan pengecekan operasional di ISS dan melaporkannya ke NASA.

Sebelum terlibat misi ini, ia sudah mengangkasa selama 708 jam yang didapatkannya ketika menjalani misi STS-123 Space Shuttle Endeavour pada 11-26 Maret 2008 dan STS-130 Space Shuttle Endeavor pada 8-21 Februari 2010.

Rencananya, kedua astronot ini akan melakukan peluncuran ke ISS menggunakan Crew Dragon milik SpaceX pada 27 Mei mendatang dari pangkalan penerbangan antariksa Kennedy di Florida, AS.(Suara.com/Tivan Rahmat)

Terkait

Terkini