Sabtu, 06 Juni 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 11 Mei 2020 | 05:00 WIB

Hitekno.com - Para arkeolog baru-baru ini menemukan kerangka dua prajurit wanita yang tangguh dari Mongolia. Penemuan kerangka ini lalu disebut-sebut menjadi inspirasi kisah Mulan.

Bukan tanpa alasan jika para ilmuwan menyebut bahwa kerangka dua prajurit ini menjadi inspirasi kisah Mulan. Pasalnya, dua prajurit ini diduga sangat baik dalam memanah dan menunggang kuda.

Mengutip dari Live Science, dua prajurit ini diperkirakan hidup selama periode Xianbei pada tahun 147 sampai 552 Masehi. Pada masa itu terjadi fragmentasi politik dan kerusuhan yang memunculkan kisah Mulan,

Menurut prediksi para ilmuwan, dua prajurit wanita dari Mongolia ini sepertinya ikut berperang bersama para pria selama masa periode Xianbei.

Karena perjuangan di periode Xianbei ini yang lalu membuat banyak sejarawan mengaitkan masa ini dengan masa ketika kisah Mulai diceritakan.

Kerangka prajurit wanita di Mongolia. (Christine Lee, California State University, Los Angeles)

 

Seperti yang diketahui, ditulis oleh penulis asal China, tokoh Mulan diceritakan sebagai seorang gadis yang menyamar untuk menggantikan ayahnya dalam tugas militer.

Kejanggalan jangka waktu dengan yang terjadi di China ini yang lalu membuat para ilmuwan berpendapat bahwa kisah Mulan justru berasal dari Mongolia. Mengingat pada masa itu perang demi khan terjadi di Mongolia.

Kembali pada penemuan arkeolog ini, dua kerangka prajurit wanita ini diketahui ditemukan di situs arkeologi Airagiin Gozgor, Orkhon, Mongolia Utara.

Ilustrasi kerangka. (pixabay/makamuki0)

 

Pada kerangka tersebut, para ilmuwan menemukan tulang daerah otot yang lebih besar, hal ini merujuk pada kesimpulan bahwa otot tersebut banyak dilatih dan digunakan untuk aktivitas seperti memanah.

Para arkeolog berpendapat bahwa dua prajurit wanita ini biasanya melakukan pekerjaan laki-laki, hal ini terlihat jelas dari kerangka keduanya.

Hingga artikel ini dibuat, penelitian lebih lanjut terkait dua kerangka prajurit wanita dari Mongolia ini terus dilakukan untuk menemukan berbagai fakta terbaru lainnya mengenai hal tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Berumur Ribuan Tahun, Kuil Yahudi Kuno Ini Menyimpan "Ritual Ganja"