Rabu, 03 Juni 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 08 Mei 2020 | 12:00 WIB

Hitekno.com - Sebuah lubang hitam dengan jarak terdekat dari Bumi belum lama ini ditemukan oleh para ilmuwan. Para ilmuwan menggunakan istilah 'halaman belakang' untuk menyebut lokasi planet ini.

Berdasarkan penemuannya, lubang hitam ini berada dalam jarak 1.000 tahun cahaya dari Bumi. Walaupun terkesan jauh, ilmuwan menegaskan bahwa lubang hitam ini justru sangatlah dekat.

Dilansir dari Live Science, jarak 1.000 tahun cahaya milik lubang hitam ini begitu dekat bahkan dapat terlihat dengan jelas dari Bumi bagian selatan.

Namun, untuk bisa melihat lubang hitam ini, pastikan kondisi langit malam sedang cerah ya. Sehingga kemudian kamu dapat melihatnya dengan mata telanjang.

Lubang hitam ini memiliki massa sebesar 4 kali lebih besar jika dibandingkan dengan massa Matahari. Berdasarkan kedudukannya, lubang hitam ini berada dalam sistem HR 6819 di konstelasi Telescopium.

Ilustrasi galaksi. (pexels/pixabay)

 

Penemuan yang cukup mengejutkan ini ditemukan dengan menggunakan teleskop La Silla Observatory di Chile. Cukup unik, lubang hitam ini memiliki sifat yang berbeda dari jenis lainnya.

Berdasarkan pemantauan, lubang hitam ini cenderung gelap dan sulit dilacak jika tidak mempelajari orbit bintang di dekatnya. Beruntung, ada satu bintang di konstelasi ini yang berada dalam jarak aman sehingga tidak tertelan lubang hitam tersebut.

Karena cenderung gelap dan misterius, para ilmuwan lalu menyebut bahwa lubang hitam ini tidak memiliki sifat ganas layaknya lubang hitam pada umumnya yang sering ditemui.

Ilustrasi galaksi. (pexels/pixabay)

 

Penemuan ini diharapkan menjadi informasi terbaru untuk ilmu pengetahuan mengenai lubang hitam yang hingga kini terus dipelajari.

Pemantauan serius dilakukan pada lubang hitam dengan jarak terdekat dari Bumi ini. Diharapkan dalam waktu singkat, para ilmuwan segera menemukan sifat dan reaksi lubang hitam.

BACA SELANJUTNYA

Gletser di Alaska Mencair, Ilmuwan Prediksi Bisa Picu Tsunami