Kamis, 04 Juni 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 07 Mei 2020 | 06:00 WIB

Hitekno.com - Andrew McCarthy, fotografer amatir baru-baru ini memamerkan foto kawah Bulan karyanya. Foto ini lalu diklaim sebagai foto Bulan yang paling jelas yang pernah diambil.

Foto bulan karya Andrew McCarthy ini tercipta dari gabungan beberapa bidikan gambar. Bukan satu atau bahkan dua, Andrew McCarthy bahkan menggabungkan total ribuan foto fase Bulan untuk mendapatkan hasil foto ini.

Untuk usahanya ini, Andrew McCarthy menghabiskan hingga 2 minggu untuk mengatur jumlah permukaan yang diterangi cahaya dari Bumi atau dari Bulan sendiri.

Mengutip Live Science, foto kawah Bulan karya Andrew McCarthy ini diunggah ke akun Instagram pribadinya pada bulan April 2020 lalu. Sangat detail, wajar jika foto ini diklaim paling jelas yang pernah diambil.

Andrew McCarthy menjelaskan bahwa dirinya dengan sengaja mengatur kontras foto Bulan ini akan sejajar sebelum kemudian memadukannya untuk menunjukkan tekstur Bulan yang unik di setiap permukaan.

Foto kawah Bulan karya Andrew McCarthy. (instagram/cosmic_background)

 

Bagian dengan kontras yang tinggi di foto ini disebut Andrew McCarthy sebagai 'terminator Bulan' karena menunjukkan garis panjang yang membagi sisi Bulan menghadap Bumi antara gelap dan terang.

Garis terminator ini lalu bergerak secara konstan tergantung pada fase Bulan. Garis ini pada dasarnya berpengaruh pada tinggi kontras antara sisi terang dan gelap dari seluruh bagian Bulan.

Dengan ilmu dasar terkait garis terminator ini, Andrew McCarthy lalu mengambil foto sesuai dengan masa Bulan bergerak menuju penerangan yang sempurna.

Foto kawah Bulan karya Andrew McCarthy. (instagram/cosmic_background)

 

Mengenai proses panjang yang harus ia tempuh untuk mendapatkan hasil foto maksimal Andrew McCarthy mengaku bahwa ini adalah usaha yang berat namun memberikan hasil yang memuaskan.

Cukup mencuri perhatian, unggahan foto kawah Bulan yang diklaim paling jelas yang diunggah @cosmic_background ini telah mendapat lebih dari 16 ribu likes dan berbagai komentar dari netizen.

BACA SELANJUTNYA

Malam Ini, Begini 3 Cara Melihat Supermoon Terakhir di Tahun 2020