Jum'at, 29 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 06 Mei 2020 | 13:00 WIB

Hitekno.com - Besok malam, pada Kamis (7/5/2020) kita akan mendapatkan kesempatan terakhir di 2020 untuk nikmati fenomena supermoon. Fenomena alam bulan purnama yang terjadi jika Bulan berada di titik terdekat dengan Bumi, sehingga terlihat lebih besar dari biasanya. 

Sebenarnya mulai Rabu malam ini (6/5/2020) Bulan sudah berada di titik terdekat dengan Bumi, tetapi baru pada Kamis malam (7/5/2020) ia terlihat sempurna dari Bumi.

Bulan purnama supermoon terakhir pada 2020 yang terjadi pekan ini akan berlangsung selama dua hari, yakni mulai 7 Mei sampai 8 Mei, demikian dijelaskan astronom Avivah Yamani dalam laman Langit Selatan.

Ilustrasi Supermoon. (Pixabay/ Michael Kleinsasser)

 

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada April lalu mengatakan bahwa selama 2020 akan terjadi tiga kali fenomena bulan purnama supermoon.

Supermoon pertama terjadi 10 Maret lalu, yang kedua berlangsung pada 7 - 8 April kemarin, dan yang terakhir pada pekan ini. Supermoon paling besar dan cerah terjadi pada April kemarin. Ketika itu Bulan memang berada di jarak terdekat dengan Bumi.

Kita baru akan bisa menikmati fenomena supermoon lagi pada akhir April 2021 mendatang. Jadi, jangan dilewatkan ya bulan purnama supermoon besok malam.(Suara.com/Liberty Jemadu)

Anda ingin mendapatkan info berita menarik?