Kamis, 04 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 05 Mei 2020 | 13:20 WIB

Hitekno.com - Detail kawah Bulan paling jelas berhasil diabadikan dan diunggah seorang  astrofotografer bernama Andrew McCarthy yang berbasis di California dengan menggabungkan beberapa bidikan gambar. 

McCarthy menumpuk ribuan gambar fase Bulan bersama-sama untuk menunjukkan permukaan Bulan. Ia membutuhkan dua minggu untuk mengumpulkan gambar-gambar tersebut karena jumlah permukaan yang diterangi cahaya terlihat dari Bumi meningkat.

Peningkatan cahaya dan posisi yang baik dari "terminator Bulan" atau garis antara sisi terang dan gelap Bulan telah membuat kawah terlihat lebih jelas.

Penampakan kawah Bulan. [Instagram]

McCarthy membagikan hasil bidikannya melalui akun Instagram miliknya @cosmic_background pada 15 April. Ia mengaku ini sebagai "beast of a project" dan melewati proses yang melelahkan karena setiap gambar harus dipetakan ke bola 3D dan disesuaikan untuk memastikan setiap gambar selaras.

"Dari dua minggu gambar Bulan yang bersinar, saya mengambil bagian gambar paling kontras, disejajarkan dan ditumpuk untuk menunjukkan tekstur yang kaya di seluruh permukaan," tulis McCarthy, seperti dikutip laman Dailymail, Selasa(5/5/2020).

Penampakan kawah Bulan. {Instagram]

McCarthy mengambil bidikan asli menggunakan ASI1600MM dan Celestron edgeHD 800.

Menurut NASA, banyak kawah muncul di dekat terminator karena ketinggian Bulan yang membuatnya lebih mudah untuk terlihat. Berbeda dengan Bumi, Bulan tidak memiliki atmosfer sehingga cahaya Matahari mencapai permukaannya tanpa halangan.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Huawei Berbagi Kebahagiaan Ramadan dengan 30 Panti Asuhan di Indonesia