Kamis, 04 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini : Senin, 04 Mei 2020 | 19:00 WIB

Hitekno.com - Alam semesta dikenal merupakan tempat yang misterius dan sunyi, tanpa adanya molekul udara Bumi untuk membantu manusia mendengar, di luar angkasa manusia hanya akan mengetahui kesunyian. 

NASA ingin mengubah kesunyian itu dengan menghasilkan musik luar angkasa pada 2019. Badan antariksa menggunakan foto yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble dan mengubahnya menjadi "sonifying" gambar.

Para ilmuwan yang bekerja untuk Hubble menyebut foto itu sebagai "peti harta karun galaksi" karena banyaknya jumlah galaksi yang ditangkap dalam foto tersebut.

"Setiap bintik galaksi yang terlihat adalah rumah bagi bintang yang tak terhitung jumlahnya," tulis NASA dalam sebuah pernyataan ketika menjelaskan gambar tersebut, seperti dikutip laman Science Alert, Minggu (3/5/2020).

Namun, gambar yang tampak indah ini menghasilkan musik yang cukup mengerikan ketika para ilmuwan mengubahnya menjadi komposisi musik.

Tim ahli yang menciptakan "sonifying" gambar ini menjelaskan bahwa berbagai lokasi dan elemen gambar menghasilkan suara yang berbeda.

NASA ubah foto luar angkasa menjadi musik. [YouTube/NASA]

Bintang-bintang dan galaksi-galaksi kecil menghasilkan suara pendek dan jernih, sementara galaksi-galaksi spiral memancarkan nada yang lebih rumit dan lebih panjang.

"Waktu mengalir dari kiri ke kanan dan frekuensi suara berubah dari atas, berkisar antara 30 hingga 1.000 hertz. Objek di bagian bawah gambar menghasilkan not yang lebih rendah, sedangkan yang di dekat bagian atas menghasilkan not lebih tinggi," tambah NASA.

Musik dari gambar tersebut telah diunggah NASA melalui akun YouTube resmi dengan judul Sonification of a Hubble Deep Space Image. Mengubah gambar menjadi musik adalah salah satu cara baru dari NASA untuk menikmati alam semesta.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

4 Berita Terkini: SpaceX Sukses Kirim Astronot NASA ke Orbit